PENGARUH KURANGNYA INFORMASI DAN BIAYA PENDIDIKAN YANG RELATIF TINGGI TERHADAP PENURUNAN JUMLAH LULUSAN SDM PENERBANGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46259Keywords:
SDM Penerbangan, Biaya Pendidikan, Informasi Pendidikan, Minat Lulusan.Abstract
Seiring berjalannya waktu, jumlah lulusan sumber daya manusia (SDM) di bidang penerbangan secara signifikan mengalami penurunan. Hal ini menjadi isu utama yang menjadi perhatian serius, mengingat kebutuhan industri penerbangan yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kurangnya informasi mengenai pendidikan dan prospek karier bagi taruna lulusan sekolah kedinasan penerbangan, diiringi dengan tingginya biaya pendidikan dan biaya hidup selama menjalani masa pendidikan. Hal ini tentu saja berdampak terhadap minat dan jumlah lulusan SDM penerbangan kedepannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada calon mahasiswa yang berasal dari anak sekolah menengah atas dan mahasiswa aktif di beberapa lembaga pendidikan penerbangan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya sosialisasi dan akses informasi mengenai prospek kerja di dunia penerbangan mengakibatkan rendahnya minat para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di sekolah penerbangan. Selain itu, biaya pendidikan yang tinggi juga menjadi hambatan utama bagi masyarakat untuk menempuh pendidikan ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kedua faktor tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penurunan jumlah lulusan SDM penerbangan, sehingga diperlukan peran aktif pemerintah serta institusi pendidikan dalam menyediakan informasi mengenai prospek kerja yang komprehensif dan skema pembiayaan pendidikan yang lebih terjangkau.References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Arditya Prayogi, Nurul Husnah Mustika Sari, & Fika Luthfia Sari. (2023). Persepsi Siswa Bimbingan Belajar Luar Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. https://fkip.peradaban.ac.id/sendik-2023/
Prof. Sugiyono. (n.d.). METODE PENELITIAN KUALITATIF KUANTITATIF DAN R&D.
Fidhdiar Ariestanto TNK, A. (2021). PENGARUH PROMOSI, BIAYA, FASILITAS, AKREDITASI, DAN LOKASI UNIVERSITAS BOYOLALI TERHADAP MINAT CALON MAHASISWA BARU. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 2021.
Friska Ayu Nur Rabani. (2023). ANALISIS MINAT SISWA MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI SEBAGAI BENTUK INVESTASI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN. 3(2).
Muchlis, A. F. (2023). Metode Penelitian Survei-Kuesioner untuk Kesesakan dan Privasi pada Hunian Asrama. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 12(3), 154–163. https://doi.org/10.32315/jlbi.v12i3.252
Nurhadi, M. A. (n.d.). DESENTRALISASI DAN MAHALNYA BIAYA PENDIDIKAN.
Suratini. (2017). FUTURE JURNAL MANAJEMEN DAN AKUNTANSI. In Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi (Vol. 5, Issue 1). www.jurnal.uniyap.ac.id/index.php.future
Rian Syaifullah. (2018). PERILAKU PENEMUAN INFORMASI MURID SMA SEDERAJAT DALAM MENENTUKAN STUDI LANJUT.
Risanty, R. D., & Sopiyan, A. (2017). PEMBUATAN APLIKASI KUESIONER EVALUASI BELAJAR MENGAJAR MENGGUNAKAN BOT TELEGRAM PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA (FT-UMJ) DENGAN METODE POLLING. Jurnal.Umj.
Sasmita, F. D., Yasmintya, A., Rahman, R., & Fernandita, Y. (2024). Pengaruh Gender, Status Ekonomi, dan Kepemilikan KIP Kuliah Terhadap Minat Studi ke Perguruan Tinggi. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 19(2), 157–172. https://doi.org/10.47441/jkp.v19i2.373
Rochayati. (n.d.). Faktor yang Paling Mempengaruhi Siswa Atas Pilihan.
WISMIARSI. (2005). A COMPARISON BETWEN THE UNITED KINGDOM AND INDONESIA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfirha Auliyadiqna Sugi Purbandari, Agung Dharmawan, Aliyah Zahra Afriandy, Anastasia Tiara Andini Yuanita, Amin Nur Rahman, Archie Haidar Adhitama Setiawan, Feti Fatonah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.