KONSEP DASAR ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Authors

  • Devi Syukri Azhari UPI YPTK Padang
  • Romat Efendi Sipahutar UISU Medan
  • Umi Kalsum UISU Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45658

Keywords:

Konsep dasar administrasi, pendidikan, fungsi administrasi

Abstract

Administrasi pendidikan merupakan elemen fundamental dalam penyelenggaraan pendidikan yang sistematis dan terarah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep dasar administrasi pendidikan yang meliputi pengertian, fungsi, prinsip, dan ruang lingkupnya dalam mendukung proses pendidikan yang efektif. Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat, administrasi pendidikan dituntut untuk lebih adaptif, profesional, dan berbasis data agar mampu menjawab tantangan dan dinamika dunia pendidikan modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi pustaka sebagai metode utama, mengacu pada literatur terbaru dari para pakar pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemahaman yang mendalam terhadap konsep dasar administrasi pendidikan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan serta mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu, pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang administrasi pendidikan menjadi langkah strategis untuk mewujudkan sistem pendidikan yang unggul dan berdaya saing.

References

Arikunto, S. (2022). Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadijaya, Y. (2012). Administrasi pendidikan.

A. (2023). “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Administrasi Pendidikan.” Jurnal Kependidikan dan Pengajaran, Vol. 7(1), 11–19. https://doi.org/10.31227/jkp.v7i1.XXXX

Jamil, F. R., Ramli, A., & Sudadi, S. (2023). Konsep Dasar Administrasi Pendidikan, Fungsi Dan Ruang Lingkupnya. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(1), 53–62.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Panduan Manajemen Sekolah: Tata Kelola Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbudristek.

Machali, I. (2022). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Dasar. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara

Mulyasa, E. (2021). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, S. (2020). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sepriano, S., Hikmat, A., Munizu, M., Nooraini, A., Sundari, S., Afiyah, S., Riwayati, A., & Indarti, C. F. S. (2023). Transformasi Administrasi Publik Menghadapi Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Siregar, H. (2022). “Tantangan Administrasi Pendidikan di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 11(4), 221–230. https://doi.org/10.23887/jpi.v11i4.XXXX

Suyanto & Asep Jihad. (2021). Administrasi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Tanjung, R. (2023). “Implementasi Teknologi dalam Administrasi Pendidikan Berbasis Digital.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 5(1), 34–42. https://doi.org/10.32699/jmpi.v5i1.XXXX

Wahyuni, S. (2023). “Efektivitas Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Layanan Sekolah.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, Vol. 6(2), 55–63. https://doi.org/10.21009/jips.v6i2.XXXX

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Syukri Azhari, D., Sipahutar, R. E., & Kalsum, U. (2025). KONSEP DASAR ADMINISTRASI PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5597–5601. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45658

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.