PERAN PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DAN KEPEMIMPINAN DALAM MEMPERTAHANKAN IDENTITAS NASIONAL TARUNA POLTEKBANG MEDAN DI TENGAH ARUS MODERNISASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.48840Keywords:
Identitas Nasional, Kepemimpinan, Modernisasi, Pendidikan Kedisiplinan.Abstract
Penelitian ini mengkaji peran pendidikan kedisiplinan dan kepemimpinan dalam mempertahankan identitas nasional di kalangan mahasiswa Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan di tengah derasnya arus modernisasi. Globalisasi dan kemajuan teknologi membawa dampak signifikan terhadap nilai-nilai budaya dan identitas diri. Mahasiswa sebagai calon pemimpin di sektor penerbangan nasional, memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga integritas dan profesionalisme yang berlandaskan nilai-nilai luhur bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam dengan mahasiswa, dosen, dan pembina, serta observasi partisipatif terhadap kegiatan pendidikan dan pelatihan di Poltekbang Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kedisiplinan yang ketat dan pengembangan kepemimpinan yang terstruktur efektif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila, rasa cinta tanah air, dan semangat kebangsaan. Integrasi materi kebangsaan dalam kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler berbasis nilai-nilai lokal, serta teladan dari pembina menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk karakter mahasiswa yang berintegritas dan memiliki identitas nasional yang kuat. Meskipun demikian, tantangan adaptasi terhadap kemajuan teknologi dan pengaruh budaya asing tetap menjadi perhatian. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kurikulum yang adaptif, peningkatan peran pembina sebagai teladan, dan fasilitasi dialog terbuka tentang tantangan modernisasi untuk memperkuat identitas nasional mahasiswa Poltekbang Medan.References
Agustin, D. S. Y. (2011). Penurunan Rasa Cinta Budaya Dan Nasionalisme Generasi Muda Akibat Globalisasi. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2). Https://Doi.Org/10.12962/J24433527.V4i2.632
Bowo, A. N. A., Paryanto, P., & Iqbal, M. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (Jimpian), 3(1), 21–32. Https://Doi.Org/10.30872/Jimpian.V3i1.2249
Herliyanto, M. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan Dan Penguatan Identitas Nasional Dalam Konteks Multikultural. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2).
Philia, I. T., Sembiring, T., Siahaan, R. Y., Pratama, D. E., & Iqbal, M. (2025). Dampak Modernisasi Terhadap Dinamika Kebudayaan Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kewarganegara Indonesia, 2(2), 10–22. Https://Doi.Org/10.61132/Jupenkei.V2i2.239
Sakilah, & Suryandri, M. (2025). Pancasila Sebagai Perjanjian Nilai Luhur Dan Mempersatukan Bangsa Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1).
Sapruddin, S. (2025). Peran Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Identitas Nasional Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 348–359. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V10i1.3092
Sari, A. P., & Sari, C. K. (2025). Peran Kurikulum Nasional Dalam Pembentukan Integritas Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter. Journal, 65(1), 2527–9041. Https://Doi.Org/10.24114/Jkss.V23i1.65701
Supriatna, C. (2024). Era Baru Pendidikan: Pemanfaatan Teknologi Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Indonesia. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 5(3), 3154–3162. Https://Doi.Org/10.54373/Imeij.V5i3.1202
Zamhari, A., Pramudani, A., & Anisa, R. (2025). Perubahan Bahasa Dan Budaya Di Kalangan Generasi Muda Akibat Adanya Modernisasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (Jipdas), 5(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hairul Amren Samosir, Danica Damayanti Simangunsong, Eka Wahyu Handayani, Samuel Valentino Damanik, M. Syafiq Jain, Indra Syahputra Purba, Laurenchius Irvan Freddy Marbun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




