IMPLEMENTASI DESAIN KURIKULUM DENGAN KONSEP UBD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44170Keywords:
Implementasi Kurikulum, Konsep Understanding by Design (UbD), Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi desain kurikulum dengan konsep Understanding by Design atau UbD di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk menggambarkan bagaimana implementasi UbD. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SDN Tamamaung 1 dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Penelitian ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan, selama pelaksanaan kegiatan PPL Mahasiswa Program Profesi Guru Calon Guru di UPT SPF SDN Tamamaung 1. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa penerapan desain kurikulum dengan pendekatan UbD di UPT SPF SDN Tamamaung 1 belum mencapai hasil yang optimal. Hal ini dipengaruhi oleh sejumlah tantangan yang dihadapi oleh guru, seperti kurangnya pemahaman yang mendalam tentang konsep Understanding by Design dan adanya keterbatasan waktu yang tersedia bagi para guru untuk mempersiapkan rencana pembelajaran dengan baik. Sebagai konsekuensinya, implementasi UbD tidak dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan, sehingga memerlukan perhatian dan perbaikan lebih lanjut guna mengoptimalkan penerapannya di masa yang akan datang.References
Arifin, Zainal. 2018. Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori Dan Praktik. Yogyakarta: UIN Press.
Anderson, L. W. (2002). Classroom Assessment: Enhancing the Quality of Teacher Decision Making. Routledge.
Hendriana, H dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Aditama: Bandung.
Dewantara, K. H. (1947). Pendidikan: Ajaran dan Pengalaman. Balai Pustaka.
Koesoema, D. A. (2020). Merdeka Belajar. KOMPAS, 25 Pebruari, 6. Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), 5(1), 72
Rahmawati, A., & Astuti, S. (2023). Analisis Hasil Belajar dari Implementasi Kerangka Understanding by Design (UbD) Dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 6(2), 45–49. https://ejournal.goacademica.com/index.php/jk/article/view/727
Ramli, D. P. S., & Argaswari, D. P. A. D. (2023). Praktik Mengajar Understanding by Design (UbD) bagi Calon Guru Pendidikan Matematika di Universitas Sampoerna. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1492–1504. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4865
Setiyawati, N., & Septiani, U. R. (2023). Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Ubd. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(3), 170–174. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16126
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
(Setiyawati & Septiani, 2023) (Rahmawati & Astuti, 2023) (Widiasri, 2024) (Ramli & Argaswari, 2023)
UNESCO. (2015). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. UNESCO.
Widiasri, D. A. (2024). IMPLEMENTASI PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN ( UBD ) DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN : Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Era Global. 4(1), 9–18.
Wiggins, J., da J. McTighe. (2005). Understanding by Design: Expanded 2nd editionI. Alexandria, VA: ASCD.
Wiggins, G. P., & McTighe, J. (2005). Understanding backward design. Association for Supervision and Curriculum Development.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sitti Hafiyah Nasri, Risma Risma, Sinar Sinar, Sundari Hamid, A. Rizal, Nurwidyayanti Nurwidyayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.