PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN POLITIK DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39345Keywords:
Pendidikan Kewarganeraan, Pendidikan Politik, KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan tentang Pendidikan Kewarganegaraan sebagai sumber pendidikan politik dan karakter di sekolah. Metode penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan datanya diperoleh melalui pengamatan (observasi) dan wawancara mendalam dilapangan dari berbagai sumber informan penelitian. Hasil penelian ini menunjukkan bahwa, (1) Pendidikan kewarganegaraan menjadi mata pelajaran penting sebagai sumber awal pendidikan politik bagi peserta didik disekolah, (2) Sekolah dan guru mempunyai tugas dan tanggung jawab berperan aktif meletakkan dasar-dasar pengetahuan pendidikan politik melalui kegiatan organisasi siswa intera sekolah (OSIS) sebagai wujud pelaksanaan demokrasi politik disekolah, (3) Pendidikan kewaganegaraan dapat membentuk karakter suatu sistem pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada peserta didik dan merubah perilaku tidak baik, menjadi baik dan membangun kesadaran serta rasa kebangsaan cinta tanah air.References
Eddy Lion. (2014). Problem dan prospek pendidikan kewarganegaraan dalam mewujudkan demokrasi yang berkeadaban. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 1(1), 63–71.
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Hemafitria, & Rianto, H. (2015). Pembelajaran PKn Sebagai Pendidikan Politik Pemilih Pemula. Jurnal Edukasi, 13(2), 175–189. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/114
Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Khususnya Sma/Smk Di Zaman Serba Digital. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.606
Lumeno, D. H., & Pati. (2022). Peran Partai Politik dalam Memberikan Pendidikan Politik bagi Masyarakat di Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Eksekutif, 2(2), 1–10.
Novarita. (2015). Pendidikan dan Pembentukan Karakter dengan Pembelajaran Jurnal Kepribadian. Seminar Nasional “Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan Dan Pembelajaran,” 234–239.
Oktaviana, D. A. (2020). Urgensi Pendidikan Politik Dalam Membangun Partisipasi Politik Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler. Jurnal Pendidikan, 8(2), 1–10.
Prayugo, A., & Prayitno, R. B. P. (2022). Pendidikan Politik Sebagai Proses Belajar Membentuk Kesadaran Politik dan Peran Kewarganegaraan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 427–442. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.138
Rayi Mutia A. (2015). Peran Sekolah dalam Pendidikan Politik Bagi Siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Hidayatullah Semarang. Journal of Political and Goverment Studies, 4(1), 16–25.
Toni, I. A. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Dalam Memebentuk Karakter Siswa Di Smk Negeri 2 Salatiga. Satya Widya, 35(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p54-61
Widiatmaka, P. (2022). PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA PESERTA DIDIK. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1–10.
Yahzinka, E. M. (2019). Garuda3034349. 3(2), 87–91.
Yoesmar, F., & Apriyani, L. (2019). Partai Politik dan Pendidikan Politik. Jurnal Majelis, 2(2), 39–52.
Undang-undang RI Nomor 12 Tahun 2012. Tentang Perguruan Timggi https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/28/184633769/pengertian-pkn-menurut-para-ahli.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dideng Kadir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.