IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANISME PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27214Keywords:
Implementasi, Pendidikan Humanisme, Sekolah Dasar, Lingkungan Pembelajaran, Kurikulum.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan humanisme pada peserta didik di Sekolah Dasar Karuwisi 2 Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki pemahaman yang baik tentang konsep humanisme dalam pendidikan, namun masih terdapat kesenjangan dalam mengintegrasikan konsep tersebut ke dalam praktik pembelajaran. Lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung perkembangan holistik siswa masih perlu ditingkatkan. Integrasi nilai-nilai humanisme dalam kurikulum sudah dilakukan, namun masih perlu peningkatan dalam implementasinya. Implikasi dari penelitian ini memberikan arahan bagi pihak manajemen sekolah dan pemerintah pendidikan setempat untuk lebih fokus dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mewujudkan nilai-nilai humanisme dalam praktik pembelajaran di sekolah-sekolah.References
Al Islamy, A. S., & Minsih, S. A. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Humanis Religius Di Sd Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Hastutiningsih, P., Putri, I. W., & Fauziati, E. (2021). Implementasi Pendidikan Humanis Pada Pembelajaran Perhiasan di SMK Negeri 9 Surakarta. Sukma: Jurnal Pendidikan, 5(1), 79-94.
Jumarudin, J., Gafur, A., & Suardiman, S. P. (2014). Pengembangan model pembelajaran humanis religius dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(2).
Jacobus, S., & Geor, G. (2024). Konsep Pendidikan Humanisme dan Implementasinya terhadap Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1195-1201.
Mahendra, H. H., & Febriani, W. D. (2019). Pembelajaran Berbasis Pendidikan Humanistik Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 7-14.
Muhammad, D. H. (2020). Implementasi Pendidikan Humanisme Religiusitas Dalam Pendidikan Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 122-131.
Mardiana, D., Sapriline, S., Kuswari, K., Simpun, S., & Afif, C. (2021). Keefektifan Pendekatan Direct Instruction Dalam Pelatihan Implementasi Pendidikan Literasi Humanis Bagi Guru Kelas Di Sekolah Dasar. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 13(2), 153-162.
Mansir, F. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Humanis. TADBIR MUWAHHID, 5(2), 149-166.
Matofiani, R., Simanjuntak, W. N., & Ramadhan, A. H. (2021). Implementasi Pendidikan Humanis Religius dalam Membangun Karakter Siswa pada Masa Pandemi COVID-19 Di SMA Negeri 1 Krangkeng Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1950-1966.
Muzaini, M. C., & Ichsan, I. (2023). Implementasi Nilai Humanisme dalam Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Menumbuhkan Sikap Sopan Santun Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 329-338.
Nugraha, F., Hanim, W., & Siswono, E. (2019, December). Implementasi Pendidikan Humanis Di Sekolah Dasar. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 4, No. 1, pp. 129-137).
Nurhayati, S., & Pratama, B. (2023). Membangun Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Mewujudkan Lingkungan Pembelajaran yang Humanis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Keluarga, 12(1), 34-47.
Suswanto, S., Kuntoro, S. A., & Suyata, S. (2015). Pendidikan Humanis Berbasis Kultur Sekolah Dasar Tumbuh 1 Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 3(1), 69-80.
Sahnan, A., & Purwasih, W. (2022). Implementasi Pendidikan Humanis Religius Pada Pendidikan Dasar Islam. Akademika: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, 18(2), 185-203.
Saputri, S. (2022). Pentingnya Menerapkan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Dasar. EduBase: Journal of Basic Education, 3(1), 47-59.
Shaleh, S., & Wulandari, N. F. (2024). Analisis Pendidikan Humanis Berbasis Kurikulum Merdeka di MI/SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 305-312.
Wathoni, K. (2013). Implementasi pendidikan inklusi dalam pendidikan Islam. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 99-109.
Yudesthira, R. E., Sa’dullah, A., & Sulistiono, M. (2019). Implementasi Pendidikan Humanis Religius Dalam Membangun Karakter Siswa Di MTs Hasyim Asy’ari Batu. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 4(6), 60-67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A. Rizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.