IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR PADA SEKOLAH PENGGERAK DI KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH KECAMATAN NISAM KABUPATEN ACEH UTARA

Authors

  • Zaimahdi Zaimahdi Universitas Almuslim
  • Siraj Siraj Universitas Almuslim
  • Silvi Listia Dewi Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42147

Keywords:

Implementasi Kurikulum Merdeka, Sekolah Penggerakl

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi tentang implementasi kebijakan Merdeka Belajar pada sekolah penggerak di Kelompok Kerja Kepala Sekolah di Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Merdeka Belajar di sekolah penggerak, yaitu SDN 6 Nisam dan SDN 2 Banda Baro, telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan pemerintah. Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan dan kendala dalam pelaksanaannya, implementasi kurikulum Merdeka Belajar di sekolah penggerak telah berjalan secara optimal. Kunci keberhasilan penerapan kurikulum Merdeka Belajar di sekolah penggerak adalah adanya kemauan dari kepala sekolah dan guru untuk melakukan perubahan. Kepala sekolah harus mampu mengubah mindset sumber daya manusia di sekolah agar siap melaksanakan perubahan. Salah satu kendala yang dihadapi guru adalah harus menyiapkan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menantang setiap hari. Keterlibatan guru dalam pengembangan kurikulum juga penting dilakukan untuk menyesuaikan isi kurikulum dengan kebutuhan siswa.

References

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123.

Amiruddin, A., Yunus, M., & As, H. (2023). Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sdn Bissoloro Kec. Bungaya Kab. Gowa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 279–286.

Azzahra, L., & Irawan, D. (2023). Pentingnya Mengenalkan Alqur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia(PJPI), 1(1), 13–20.

Lazwardi, L., Hendriani, S., Haviz, M., Trisoni, R., & Fadriati, F. (2023). Implementasi Program Sekolah Penggerak di SMAN 1 Tilatang Kamang. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 319–338.

Masri, M., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2023). Implementasi kebijakan pendidikan kurikulum merdeka belajar. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 8(4), 347–352.

Maulidina, D. M., Pratiwi, D. A., Aslamiah, Salma, Latifatunnisa, Nugroho, I. E. P., Apriliani, E. D. N., & Syarifudin, A. (2024). Peran Sekolah dan Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Sungai ANdai 3. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 1118–1130.

Nita, W. D., Riyanto, R., & Sutanto, A. (2022). Pengaruh Budaya Sekolah dan Motivasi Kepala Sekola Terhadap Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah Se-Kota Metro Lampung. POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan, 2(1), 1–8.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262.

Rahayu, R., Rita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam Kurikulum Prototype. As-Sabiqun, 4(1), 115–131.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106.

Sakdiah, H., Rahimi, A., Darlis, A., Ammar, S. A., & Daulay, D. A. (2023). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 692–697.

Salehha, O. P., Marsithah, I., & Rizki, S. (2024). Pengaruh Budaya Sekolah , Kepuasan Kerja , dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Penggerak Jenjang SMP Kabupaten Bireuen. Journal on Education, 07(01), 1021–1030.

Utami, S. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia melalui Peningkatan Kualitas Personal, Profesional, dan Strategi Rekrutmen Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518–527.

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Zaimahdi, Z., Siraj, S., & Dewi, S. L. (2025). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR PADA SEKOLAH PENGGERAK DI KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH KECAMATAN NISAM KABUPATEN ACEH UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1817–1824. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42147

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.