PROBLEMATIKA KURIKULUM DENGAN KERANGKA UBD DI SD INPRES MONGINSIDI MAKASSAR

Authors

  • Anggie Febrianti Universitas Bosowa
  • Eti Tangke Pare Universitas Bosowa
  • Fardhilla Dwi Wahyu Ningsih Universitas Bosowa
  • Andi Agusniati Universitas Bosowa
  • Ulfah Syam Universitas Bosowa
  • Achmad Fajar Muhammad Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44198

Keywords:

Problem kurikulum, Understanding by Design (UbD), pendidikan dasar, SD Inpres Monginsidi Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika implementasi kurikulum dengan kerangka Understanding by Design (UbD) di SD Inpres Monginsidi Makassar. Pendekatan UbD, yang menekankan pada pembelajaran berbasis pemahaman mendalam, menghadapi berbagai tantangan dalam konteks pendidikan dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika utama meliputi keterbatasan pemahaman guru terhadap konsep UbD, minimnya pelatihan dan pendampingan, serta kurangnya dukungan fasilitas yang memadai. Selain itu, keberagaman latar belakang peserta didik dan keterbatasan waktu juga menjadi kendala dalam penerapan kurikulum berbasis UbD. Temuan ini menekankan pentingnya pelatihan intensif bagi pendidik, dukungan kebijakan yang berkelanjutan, dan penyesuaian kurikulum agar lebih kontekstual dengan kebutuhan lokal. Dengan upaya ini, penerapan kerangka UbD dapat lebih optimal dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Inpres Monginsidi Makassar.

References

Adnyana, P. B., Studi, P., Dasar, P., Pascasarjana, P., & Ganesha, U. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa, 9(2), 72–79. https://doi.org/10.23887/pips.v8i2.3732

Ainunnisa, M., Maula, S. F., & Rahman, A. S. (2024). Obstacles To The Implementation Of The Independent Curriculum In Schools ( Case Study Of Ma / Mu ’ Alimin Manba ’ Ul Huda ) Hambatan Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah. 04(02).

Ajukan, D., Rangka, D., Dana, P., & Kompetitif, P. (2018). Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Mas-Ubud Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Mas-Ubud. April.

Darmawati, N. M. (2023). Implementasi RPP Dalam Proses Pengajaran Basic Academic English di Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang. Jubitek: Jurnal Big Data Dan Teknologi Informasi, 1(3), 89–101.

Dr. Moh. Roqib, M.Ag. Dr. Nurfuadi, M. P. I. (n.d.). Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan.

Fadhillah, R., & Hayati, I. (2023). Inovasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Prinsip Islami: Analisis pada Lembaga Pendidikan Islam di Thailand. Hikmah, 20(2), 324–334. https://doi.org/10.53802/hikmah.v20i2.324

Giawa, S. Y. (2017). Strategi pembelajaran anak lamban belajar (slow learner) di SD Inklusi SDN “ Suka Menolong ” Yogyakarta. Skripsi, 1–277. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/12544

I Made Dwi Susila Adnyana. (2023). Analisis Siklus Perkembangan Anak Berdasarkan Pemahaman Masyarakat Hindu Bali. Vidya Samhita: Jurnal Penelitian Agama, 9(1), 28–43. https://doi.org/10.25078/vs.v9i1.2445

Karomah, W., & Nugroho, A. (2024). Relevansi Pemikiran Filsafat Ibnu Tufail Terhadap Pendidikan Holistik dalam Pembentukan Karakter di Era Kontemporer. 3(2), 76–94.

Leadership, J., Di, S., & Muhammadiyah, S. M. A. (2024). Jurnal Pendidikan Inklusif. 8(2), 46–54.

Mallu, S., & Z, U. I. (n.d.). Problem-Based Learning dalam Kurikulum Merdeka.

Natalia, D., Maulana, S., Gani, E. U., Fawwaz, E. N., & ... (2024). Tinjauan Penggunaan Keamanan Perangkat Lunak di Kalangan Mahasiswa UNNES. Jurnal …, 1(1), 48–68. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/angka/article/view/727%0Ahttp://jurnalilmiah.org/journal/index.php/angka/article/download/727/536

Penebangan, A., Secara, H., Di, L., Distrik, W., & Kabupaten, S. (2024). Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif. 5, 105–117.

Prestiadi, D., Alfajri, T. A., Mulyadin, E., & Purwati, E. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Supervisi Pembelajaran Berbasis Digital : Upaya Membangun Mutu Sekolah. 7(1), 38–50. https://doi.org/10.17977/um050v7i12024p38-50

Putra, Z. R. A., Pratama, C. E., Pramudito, M. S. P., & Fauziyah, N. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berdiferensiasi Berbasis Understanding by Design (UbD). Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 128–139. https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/5695

Raya, U. N., Waruwu, O., & Warmadewa, U. (2024). Bimbingan Belajar Berkualitas Di Sato Anak Pintar : Membangun Pondasi Pendidikan Internasional Bali. 3(2), 50–62.

Sari, vina amelia tunnikmah desya cournia. (2019). Efektivitas Video Edukasi Bencana Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Kebencanaan Pada Warga Sekolah Smp 1 Sumbermalang Situbundo. Digital Repository Universitas Jember, 1–112. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98090

Suasthi, I. G. A., & Suadnyana, I. B. P. E. (2020). Membangun Karakter “Genius” Anak Tetap Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Suta Dharma Ubud Gianyar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 431–452.

Downloads

Published

2025-04-06

How to Cite

Febrianti, A., Pare, E. T., Ningsih, F. D. W., Agusniati, A., Syam, U., & Muhammad, A. F. (2025). PROBLEMATIKA KURIKULUM DENGAN KERANGKA UBD DI SD INPRES MONGINSIDI MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 3782–3787. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44198

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.