ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 3 - 4 TAHUN DARI KELUARGA DENGAN ORANGTUA SINGLE PARENT DI LINGKUNGAN DWIKORA MEDAN HELVETIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40423Keywords:
Kemampuan Berbicara 3-4 tahun, Orang tua Single ParentAbstract
Orangtua tunggal mempunyai dua kedudukan atau fungsi sekaligus dalam keluarganya yaitu berperan sebagai ayah sebagai tulang punggung keluarga dan sebagai seorang ibu. Dikarenakan menjalankan dua peran orangtua sekaligus tak jarang orangtua single parent juga bakerja untuk memenuhi kebutuhannya dan anaknya. Dalam hal tersebut orangtua single parent harus bisa membagi waktu antara bekerja dan membagi waktu bermain dan belajar bersama anak serta menstimulus kemampuan berbicara anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun dari keluarga dengan orangtua single parent di lingkungan Dwikora Medan Helvetia. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Kelurahan Dwikora, Medan Helvetia. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang anak dan 4 orangtua single parent di lingkungan Dwikora Medan Helvetia. Sumber data utama dalam penelitian ini yaitu diperoleh langsung melalui hasil dari wawancara dan observasi, serta dokumentasi sebagai sebagai penguatnya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap 4 orang anak dari keluarga dengan status orangtua single parent dapat diketahui bahwa kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun dengan kondisi keluarga single parent memiliki perkembangan berbicara yang berbeda-beda dari keempat subjek penelitian keseluruh anak menunjukkan kemampuan berbicara pada indikator peningkatan kosa kata, dimana semua anak (subjek A, B, C, dan D) mampu menceritakan kesehariannya, sementara untuk indikator kemampuan berbicara masa lalu dan masa depan hanya subjek D yang dapat mencapai indikator tersebut yaitu anak mampu membedakan penggunaan kata kemarin, besok,dan tadi.References
De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.
Fauziddin. 2014. Pembelajaran PAUD Bermain Cerita Menyanyi Secara Islami. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
NESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
(Times New Roman 11, Reguler, spasi 1, spacing before 6 pt, after 6) Amira (2019). Identifikasi Pola Asuh Orangtua Tunggal Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ptk Pnf. Volume 15 Nomor 2 Desember 2020
Ayu Puspita Sari & Tri Wahyuni (2018) Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 6 Nomor 2
Dewi Ratnasari (2020) Peranan Peniruan dalam Perkembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Psikologi dan Pendidikan. Volume 9 Nomor 1
DIREKTORAT PAUD KEMDIKBUD (2020). Pengasuhan Positif. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Ellen.Anne. (2018) Pola Asuh Orangtua Tunggal Dengan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (Jpppaud Fkip Untirta) Vol. 5 No. 2 Nov 2018
Herlina Putri (2017) Pengaruh Media Elektronik terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Volume 5, Nomor 3
Kurnia, Rita (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Budi Utama
Haryanto, J. T (2012). Transformasi dari Tulang Rusuk Menjadi Tulang Punggung. Yogyakarta, Indonesia: Arti Bumi Intaran.
Hapsari (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Indeks Jakarta
Holta, Jarnawi, Syaiful (2019). Pola Pengasuhan Pada Konteks Kematangan Emosional Ibu Single Parent. Indonesian Journal of Counseling & Development
Indah Lestari (2021). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun. Jurnal Kualita Pendidikan
Isabela Hasiana (2016). Peran Pola Asuh Orangtua Dalam Perkembangan Kemampuan Bicara Anak Usia 2-3 Tahun. Jurnal Warna
Jaja Suteja, Yusriah (2017). Dampak Pola Asuh Orangtua Terhadap Perkemabangan Sosial-Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Anak.
Kartini, I. (2020). Perkembangan Kosakata Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Madyawati, Lilis (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana
Mohammad Surya. (2003). Bina Keluarga. Semarang: Aneka Ilmu
Mutia, R., Sugianti, L., & Latifah, N. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Patmonodewo, Soemiart (2003) Pendidikan Anak Usia Prasekolah. Jakarta:Rineka Cipta
Ratna Megawati & Sri Wahyuni (2019). Strategi Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
Resta Monica (2023) Strategi Ibu Single Parent Dalam Memenuhi Kehidupan Keluarga Di Desa Batas Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Sosiologi.
Restiyani. (2010) Hubungan pola asuh dengan perkembangan bicara anak usia 4-5 tahun tk al-falah mempawah. Artikel penelitian.
Rizka Fadliah (2021). Pola Asuh Ibu Tunggal dalam mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini. MUSAWA
Uloli Ritin (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 tahun Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think, Pair, and Share. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Said, Naira (2018). Perbedaan Gaya Bahasa Laki-Laki Dan Perempuan Pada Penutur Bahasa Indonesia Dan Aceh. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies
Santoso, B., & Wulandari, R. (2018). Fonologi Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santosa Puji (2008). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Siti Muyasaroh, Mas’udah (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Usia 3-4 Tahun KB SPS Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang. Jurnal PAUD Teratai
Sugiyono(2015). Statistika untuk penelitian. Bandung:Alfabeta
Suhartono (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta
Susanto (2014). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Suwono (2008). Pola Asuh Orangtua Yang Cerdas. Jakarta
St. Y. Slamet, Amir (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Bahasa Lisan dan Bahasa Tertulis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Tarigan, Henry Guntur (2008). Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Taufina (2016). Mozaik Keterampilan Berbahasa Disekolah Dasar. Bandung: Angkasa
Agency,B.,Tridhonanto,A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis (Al Tridonanto dan Beranda Agency,Ed.) Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Wijayaningsih Lanny (2018). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Speech Delay (Studi Kasus Di Homeschooling Bawen Jawa Tengah). XXXIV No. 2, Desember 2018
Magdalena, Merry (2010). Menjadi Single Parent Sukses. Jakarta: Grasindo
Yusuf, H.S (2004). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Yusdi, Milman. (2010). Pengertian Kemampuan. Diakses Desember 2017. http://milmanyusdi. Blogs pot.com/2011/07/pengertian kemampuan.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sekar Fatmadani, Peny Husna Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.