PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 4 SUKABUMI

Authors

  • Justiyan Waris Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthpi Saepuloh Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dadan Rahmat Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43084

Keywords:

Tiktok, Media Pembelajaran, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas XI di SMAN 4 Sukabumi. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam konteks pendidikan, yang membuka peluang untuk memanfaatkannya sebagai sarana pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Data diperoleh melalui angket yang dibagikan kepada 34 siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis regresi, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,279 mengindikasikan bahwa 27,9% variasi minat belajar siswa dapat dijelaskan oleh penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran, sementara 72,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa TikTok dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa jika digunakan dengan bijak dan sebagai pelengkap metode pembelajaran konvensional.

References

Aji, W. N. (2019, December). Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (Vol. 431, No. 2, pp. 431-440).

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran (Cet. III). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Asari, A., Fitri, S. P. R., Genua, V., Herlina, E. S., & Wijayanto, P. A. (2021). Media Pembelajaran Era Digital. CV. Israna Agency.

Batoebara, M. U. (2020). Aplikasi tik-tok seru-seruan atau kebodohan. Network Media, 3(2), 59-65.

Hanief, Y. N. & Himawanto, W. (2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Ibrahim, M. A., Fauzan, M. L. Y., Raihan, P., Nurhadi, S. N., Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi, dan Karakteristik Media Pembelajaran. AL-MIRAH: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Kompas.com. (2024). Jadi Pengguna Terbanyak di Dunia 2024, Mengapa TikTok Sangat Digemari di Indonesia?". Diakses pada 9 November 2024, dari https://www.kompas.com/tren/read/2024/10/12/190000765/jadi-pengguna-terbanyak-di-dunia-2024-mengapa-TikTok-sangat-digemari.

Mulyana, Kurikulum Berbasis Kompetensi (Konsep, Karakteristik, dan Implementasi). Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005), 112.

MUNTAHA, M. A. (2023). Penggunaan Konten Tik-Tok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas 6 Sd N 3 Temuwuh, Dlingo, Dlingo, Bantul.

Safitri, Y. R. (2022). Pengaruh Aplikasi TikTok Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTS Islamiyah Songgon Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

Slameto, Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2003), 180.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiyah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan mengajar. Journal On Education, 5(2).

Downloads

Published

2025-02-23

How to Cite

Waris, J., Saepuloh, L., & Rahmat, D. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 4 SUKABUMI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2916–2923. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43084

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.