PENGARUH APLIKASI TEKNIK SEARCH ENGINE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISKOMDIG DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA SUKABUMI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31742Keywords:
Aplikasi, Media Pembelajaran, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini berdasarkan dari hasil observasi yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. Diketahui siswa mengalami kesulitan saat melaksanakan tes lisan atau tulisan pada sub materi menerapkan teknik search engine. kesulitan siswa dalam memahami materi ini tentunya dapat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan respon penggunaan aplikasi dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi menerapkan teknik search engine. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan nonequivalent control group design menggunakan teknik pengumpulan data pretest-posttest dan angket, kemudian data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan skala likert. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X dengan sampel berjumlah 2 kelas. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh dan respon yang baik terhadap penggunaan aplikasi teknik search engine dalam pembelajaran terhadap hasil belajar. Simpulan adanya pengaruh diketahui dari perhitungan uji independent sample t-test yang menghasilkan nilai t hitung 0,04 < 0,05 t tabel. Kemudian hasil perhitungan skala likert untuk respon siswa terhadap penggunaan aplikasi dalam pembelajaran mendapatkan nilai 75% untuk pernyataan positif, 24% untuk pernyataan netral dan 1% untuk pernyataan negatif yang dapat disimpulkan mendapat respon baik.References
Andini, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
As-Syaukani, A.R. (2022). Pengembangan Media Mobile Learning Menggunakan Kodular Pada Materi Aturan Sinus Cosinus. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Hasan, M., et all. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Ijul. (2022). Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK Kelas X. Diakses pada 25 April 2024, dari https://www.mediainformasionline.com/2022/07/mata-pelajaran-simulasi-dan-komunikasi-digital.html.
Karnadi, et all. (2021). Pengembangan Aplikasi Mobile Menggunakan Teknologi Web Studi Kasus Layanan Konsultasi Dokter. Jurnal Digital Teknologi Informasi. 4, (2), 73-80.
Nabilah, T., Abadi, A.P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sesiomadika. 659-663.
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Sahir, S.H. (2022). Metodologi Penelitian. Bantul – Yogyakarta: KBM INDONESIA.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umatin, C., et all. (2021). Pengantar Pendidikan. Malang: CV. Pustaka Learning Center.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2024). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud.
Yasir, A. (2020). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Perpustakaan Universitas Dharmawangsa. Djtechno: Journal of Information Technology Research. 1, (2), 36-40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rio Restu Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.