PENGGUNAAN PLATFORM GOOGLE SITES PADA PEMBELAJARAN INFORMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN CILEGON 04
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41126Keywords:
Media Pembelajaran; Google Sites; Minat Belajar.Abstract
Penelitian bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media Google Sites dalam meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV SDN Cilegon 04. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas di SDN Cilegon 04, yang terdiri dari 30 siswa. Dengan diberikan perlakuan menggunakan media Google Sites dalam pembelajara Informatika. Data minat belajar dikumpulkan menggunakan kuesioner setelah intervensi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji regresi liniear sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi (R2) untuk membandingkan perbedaan minat belajar antara menggunakan media Google Sites dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Google Sites memiliki dampak positif yang signifikan pada minat belajar siswa. Kelompok eksperimen yang menggunakan media Google Sites menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam minat belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Temuan ini memberikan bukti bahwa penggunaan Google Sites dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi pembelajaran Informatika.References
Dewi, R. K. (2021). Analisis Karakteristik Siswa Untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(2). https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.525
Fahma, M. A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1). https://doi.org/10.30651/must.v6i1.6966
Hermawan, I., Supiana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Kebijakan Pengembangan Guru di Era Society 5.0. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(2). https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.33
Hidayat, S., & Agung Saputra, R. D. (2023). Eksplorasi Kesiapan Dosen Dalam Penerapan Pembelajaran Berbantuan Lms Berbasis Google Sites. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2). https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.5084
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3).
Nuraeni, Z., Dewi, N. K., & Indraswati, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 5(Special Issue).
Rahmasari, R., Efendi, Y., Wathoni, M., & Ramadi, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Google Sites SMK Islamiyah Ciputat. Indo Green Journal, 1(4). https://doi.org/10.31004/green.v1i4.34
Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1).
Saputra, R., Diandita, Y. N., & Zulfiati, H. M. (2023). pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites pada pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962
Shiddiqi, A. M., Ijtihadie, R. M., Ahmad, T., Wibisono, W., Anggoro, R., & Santoso, B. J. (2021). Penggunaan Internet dan Teknologi IoT untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. SEWAGATI, 4(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v4i3.7980
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1).
Wahyuni, E., Nefilinda, N., & Suryani, A. I. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu. LaGeografia, 21(1). https://doi.org/10.35580/lageografia.v21i1.36079
Zainal, M., & Kasmawati, S. T. (2021). Optimalisasi Google Site sebagai Media Pembelajaran Berbasis Website pada Pembelajaran Jarak Jauh. Seminar Nasional Pendidikan LPPM IKIP PGRI Bojonegoro.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sirozul Qori, Beni Junedi, Ade Fricticarani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.