PENGARUH PENERAPAN APLIKASI HOPWEB TERHADAP HASIL BELAJAR CODING SISWA DI SMK ASSUBANDIYAH PALABUHANRATU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43085Keywords:
Hopweb, Coding, Hasil Belajar.Abstract
Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran coding. Namun, tantangan dalam memahami konsep pemrograman dan keterbatasan media pembelajaran sering kali menjadi hambatan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan aplikasi Hopweb terhadap hasil belajar coding siswa di SMK Assubandiyah Palabuhanratu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest, yang melibatkan 35 siswa sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan aplikasi Hopweb dengan peningkatan hasil belajar coding siswa. Analisis regresi linear sederhana menghasilkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,598, yang menunjukkan bahwa penerapan Hopweb memberikan kontribusi sebesar 59% terhadap hasil belajar coding. Fitur interaktif dalam Hopweb, seperti latihan langsung, simulasi algoritma, dan umpan balik real-time, terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep pemrograman serta motivasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi Hopweb dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam mendukung pembelajaran coding di sekolah kejuruan. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup peningkatan fitur personalisasi dalam aplikasi, serta integrasi Hopweb dalam metode pembelajaran berbasis teknologi di sekolahReferences
Azizah, N., & Sudarto, F. (2010). Sistem Informasi Akuntansi Dalam Penyajian Audit Financial Report Dengan Menggunakan Computer Assisted Audit Techniques (CAATS). CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 4(1), 12-16.
Hanief, Y. N., & Himawanto, W. (2017). Statistik pendidikan. Deepublish.
Hanif Fatullah et all,(2023) Code Learner : Aplikasi Belajar Praktek Pemrograman Online Secara Mandiri Berbasis Mobile. Just IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer Vol. 13, No. 3, Mei 2023, pp. 157 – 166 P-ISSN: 2089 – 0256, e-ISSN:2598 – 3016
Johnson, L., & Adams, S. (2018). Learning with Technology: Advancing Education. New York: Routledge.
Mayer,R.E.(2009). Multimedia Leaning. Cambridge: Cambridge University Press.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Resza Al Fauzi, Isma Nastiti Maharani, Dadan Rahmat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.