MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER MELALUI APLIKASI GAME ANDROID DI KELAS IX SMP NEGERI MODEL

Authors

  • Nopian Santoso Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dadan Rahmat Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthpi Saepuloh Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34067

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IX SMPN Model Kabupaten Sukabumi terhadap materi perangkat keras komputer menggunakan metode pembelajaran aplikasi game android. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi TIK akibat kurikulum yang dinamis dan perkembangan teknologi yang cepat. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam dua siklus, melibatkan 28 siswa kelas IX. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada kondisi awal, rata-rata nilai siswa hanya 64,6 dengan ketuntasan 53,6%. Setelah penerapan metode ini, pada siklus I rata-rata nilai naik menjadi 72 dengan ketuntasan 71,4%, dan pada siklus II rata-rata nilai mencapai 78 dengan ketuntasan 92,9%. Kesimpulannya, metode pembelajaran menggunakan aplikasi game android efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perangkat keras komputer. Guru disarankan mengadopsi metode ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran TIK. Penelitian selanjutnya disarankan mengeksplorasi teknologi lain dalam pembelajaran TIK dan mengevaluasi dampaknya jangka panjang.

References

Anam, S. (2000). Cooperative Learning. Perpustakaan Nasional.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bloom, B.S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Longmans, Green.

Ermilinda, et al. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Erlangga.

Ibrahim, R. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Alfabeta.

La Ode Onde, et al. (2022). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Marso, N. (2007). Media Pembelajaran. Ruston.

Sonjaya, H. (2011). Media dan Sumber Belajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Santoso, N. ., Rahmat, D. ., & Saepuloh, L. . (2024). MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PERANGKAT KERAS KOMPUTER MELALUI APLIKASI GAME ANDROID DI KELAS IX SMP NEGERI MODEL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12533–12539. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34067