EFEKTIVITAS INSTRUMEN TES KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PEMAHAMAN SISWA KELAS V DI SDN 8 NAGRIKALER

Authors

  • Nurbaiti Syifa Widaningsih UPI Purwakarta
  • Meyra An Najmi UPI Purwakarta
  • Febby Deca Lestari UPI Purwakarta
  • Hafiziani Eka Putri UPI Purwakarta
  • Teten Ginanjar Rahayu UPI Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41193

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Siswa Kelas V, Pembelajaran Matematika, SDN 8 Nagrikaler.

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika, terutama pada jenjang sekolah dasar, karena berkaitan dengan kemampuan siswa untuk menyampaikan ide-ide matematika secara lisan, tertulis, maupun visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V di SDN 8 Nagrikaler. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan memberikan lima butir soal tes terkait materi bangun datar kepada 24 siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi Anates untuk mengukur tingkat keefektifan soal serta mengetahui kesulitan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan instrumen tes memiliki reliabilitas sebesar 0,64; dengan tingkat kesukaran soal sedang, Validitas sebesar 0,47 dan daya pembeda yang tinggi pada butir soal nomor 1, 4, dan 5. Dari lima soal yang diberikan, tiga soal dapat diselesaikan dengan baik oleh sebagian besar siswa, sementara dua soal lainnya (soal nomor 2 dan 3) menjadi tantangan yang cukup sulit. Kesulitan ini disebabkan oleh kurang relevan nya beberapa butir soal terhadap kemampuan siswa. Untuk mengatasi hal tersebut dapat diterapkan beberapa strategi untuk meningkatkan efektivitas instrumen tes agar relevan dengan kemampuan siswa.

References

Arikunto, S. (2006). Metode penelitian pendidikan. Bandung.

Bennett, R. E. (2020). Designing and validating multiple-choice tests: A practitioner's guide. . New York, NY: Routledge.

Esterina, P. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP yang Memperoleh Pembelajaran Secara Blended. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/81927

Lubis, R. N. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 23-34.

Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1100-1107.

Sari, R. W. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa MTsS Tarbiyah Islamiyah Sungai Guntung. Retrieved from Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU: https://repository.uin-suska.ac.id/58812/2/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Widaningsih, N. S., Najmi, M. A., Lestari, F. D., Putri, H. E., & Rahayu, T. G. (2025). EFEKTIVITAS INSTRUMEN TES KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PEMAHAMAN SISWA KELAS V DI SDN 8 NAGRIKALER . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 283–289. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41193

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.