PENGARUH MODEL MORDISCVEIN BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS FILMORA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SDN 4 SUWAWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44674Keywords:
Hasil Belajar, Filmora, Mordiscvein, IPASAbstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh penggunaan model mordiscvein berbantuan video pembelajaran berbasis filmora terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pengaruh model mordiscvein berbantuan video pembelajaran berbasis filmora terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS materi sistem peredaran darah manusia di kelas V SDN 4 Suwawa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design dengan rancangan One-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V, sampel yaitu 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebagai data pendukung. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata Pre-test sebesar 38,33 sedangkan nilai rata-rata Post-test sebesar 81,92. Jika dibandingkan nilai rata-rata Pre-test dan Post-test maka nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test. Pengujian hipotesis penelitian ini dengan menggunakan SPSS 24. Menunjukkan nilai thitung = 5,026 < ttabel = 1,729 atau dapat juga dilihat pada nilai sig = 0,000 < taraf siginifikasi α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model mordiscvein berbantuan video pembelajaran berbasis filmora terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi sistem peredaran darah manusia di kelas V SDN 4 Suwawa.References
Abdullah, G. (2024). Utilization of the Surrounding Environment as a Science Learning Resource in Gorontalo Province. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(11), 8482–8489. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i11.8754
Agustin, O. :, Dakhi, S., Prodi, D., Pancasila, P., Sekolah, K., Keguruan, T., Pendidikan, I., & Selatan, N. (n.d.).Peningkatan Hasil Belajar Siswa. https://www.kompasiana.com/rangga93/55292bc6f
Arief Rahman Hakim, Muhammad Nur Hudha, & Farida Nur Kumala. (2022). KONSEP DASAR IPA. Kanjuruhan Press.
Arifin, I. N. (n.d.). Media Alam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak Usia Dini.
Boang Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (n.d.). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Feida Noorlaila Isti’adah, M. P. (2020). Teori-Teori Dalam Pendidikan. Edu Publisher.
Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020b). Analisis Model-Model Pembelajaran. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
MU’IN. (2021). Langkah Tepat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Pembelajaran. Pusat Pengambangan dan Penelitian Indonesia.
Mustamiroh, M., & Ramadhayanti, F. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Software Wondershare Filmora pada Mata Pelajaran IPA di SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 11(2), 186–192. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.514
Nur, R., Ibrahim, A., Saleh, M., Arif, R. M., Author, C., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. https://e-journal.my.id/cjpe
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Vol. 03).
Rauf, I., Arifin, I. N., Arif, R. M., Pendidikan, J., Sekolah, G., Fakultas, D., & Pendidikan, I. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PEDAGOGIKA, 13(2), 163–183.
Saleh, M., Dj Pomalato, S. W., Kandowangko, N. Y., Rumape, O., Isa, I., Utina, R., & Yusuf, F. M. (2022). Journal of Learning and Development Studies The Effectiveness of Mordiscvein Learning Model to Enhance Student Learning Outcomes in Science Subject of IV Grade in Primary School in Limboto District, Gorontalo Regency. https://doi.org/10.32996/jlds
Wati, E., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5994–6004. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2953
Zoelva, A., Yusuf, A., Faelasofi, R., & Rahayu, S. (n.d.). Penerapan Media Pembelajaran Wondershare Filmora Pada Pembelajaran Matematika. Maret, 5(2). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.615-624
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cindi Pricilia Thaib, Gamar Abdullah, Meylan Saleh, Irvin Novita Arifin, Rifda Mardian Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.