PENERAPAN MEDIA QUESTION CARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERO 47/IV KOTA JAMBI

Authors

  • Olivia Indah Lestari Universitas Jambi
  • Indryani Indryani Universitas Jambi
  • Ugi Nugraha Universitas Jambi
  • Urip Sulistiyo Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39236

Keywords:

Keaktifan Belajar, Question Card, Pembelajaran Matematika

Abstract

Peneilitian inii bertiujuan unituk menigetahui bagaiimana penerapian meidia Quiestion Caird paida muiatan Matiematika Keilas III di SD Negeri 47/IV Kiota Jaimbi dan untuk mengietahui apakah peneirapan Question Card dapat meninigkatkan keaktifan belajar sisiwa pada muatan Matematika siswa kelas III di SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Dialam penielitian ini diteimukan permiasalahan keaikitifan sisiwa rendah dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari kegiatan observasi di SD Negeri 47/IV Kota Jambi pada siswa kelas III, bahwa siswa kurang memberikan perhatian kepada guru selama proses pembelajaran, jarang terlibat aktif dalam diskusi, dan kurang berani menyampaikan pendapat. Hambatan utama dari permasalahan ini adalah minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif oleh guru, yang seharusnya dapat mendorong keaktifan belajar siswa. Akibatnya, tingkat keaktifan belajar siswa menjadi rendah. Objek dalam penelitian yaitu 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa perepuan dan 15 siswa laki-laki. Solusi dari permasalahan ini adalah menggunakan media pembelajaran Question Card. Data penelitian diperoleh melalui observasi langsung selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata presentase sebesar 62,39% sedangkan skor keaktifan siswa pada siklus II sebesar 82,70%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Question Card dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada muatan Matemtika SD Negeri 47/IV Kota Jambi.

References

Abdullah, J. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Smart Pocket And Questions Card dalam Meningkatkan Antusiasme Siswa Belajar Perpajakan di Kelas XI IPS. Jurnal Suluh Edukasi, 1(2), 163–178.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosdakarya.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dony, N., J, J., & Apriani, H. (2019). PEMBUATAN MEDIA KARTU SOAL PERHITUNGAN pH PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA Di SMAN 1 JENAMAS. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 77.

Lailia, N. (2020). Pengembangan Permainan Question Card Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 16(2), 61– 68.

Masykur, M. R. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat 04, N0.02 (Oktober): 31-44.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat

Taniredja, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press

Downloads

Published

2024-12-21

How to Cite

Lestari, O. I. ., Indryani, I., Nugraha, U. ., & Sulistiyo, U. . (2024). PENERAPAN MEDIA QUESTION CARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERO 47/IV KOTA JAMBI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 18252–18260. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39236