MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGENAI MAGNET DI KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40926Keywords:
Motivasi, Siswa, QuizizzAbstract
Dalam penelitian ini membahas mengenai meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan quizizz pada pembelajaran IPAS mengenai magnet di kelas V. penelitian ini dilakukan dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penggunaan Quizizz dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran Quizziz, semangat belajar dan motivasi belajar serta aktivitas dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas mata Pelajaran IPAS meningkat hal itu dapat dilihat dari hasil perolehan angket pada siklus 1 dan siklus II.References
Afifah, D. N., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran keterampilan menulis di perguruan tinggi. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(1), 63-73.
Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660-3667.
Candrasari, P., & Munandar, K. (2024). Pemanfaatan Media Quizizz pada Asesmen Sumatif Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Biologi, 1(2), 1-10.
Dewanto, D., Daberty, S., & Handayani, O. (2023). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Quizizz Paper Mode dalam Asesmen Formatif pada Pembelajaran IPAS Kelas V Kurikulum Merdeka. Jurnal Kiprah, 11(2), 88-97.
Gustanu, P., & Setiadi, G. (2023). Pemanfaatan aplikasi quiz-quizizz sebagai media pembelajaran ipas kelas iv dalam implementasi kurikulum merdeka di sdn wonorejo 1 kabupaten kediri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3543-3550.
Nirwana, H. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 350-350.
Nurica, V. S. (2023). Hubungan Kontrol Diri Dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa MA Raudlatut Thalabah Kab. Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Pusparani, H. (2020). Media quizizz sebagai aplikasi evaluasi pembelajaran kelas vi di sdn guntur kota cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269-279.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-173.
Saputro, Y. D., & Lestari, M. (2022). Evaluasi Penggunaan Quizizz Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Journal of Informatics and Vocational Education, 5(2).
Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis game pada masa pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81-88.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wiga Rahmayanti, Indriyani Indriyani, Ugi Nugraha, Urip Suliatiyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.