PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DI KELAS 1 SD NEGERI 194/VI TAMBANG EMAS I
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39705Keywords:
Membaca, Struktural Analitik Sintetik, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengaruh pandemi covid 19 yang telah mengadirkan sistem pembelajaran daring yang berdampak signifikan pada pembelajaran membaca permulaan. Membaca permulaan yang merupakan inti dari pendidikan dasar yang sangat menentukan keberhasilan pada pendidikan formal selanjutnya harus menghadapi kesulitan dikarenakan keterbatasan instruktur dan infrastruktur pendidikan itu sendiri. Padahal keberhasilan seluruh proses kegiatan belajar itu sendiri sangat di tentukan oleh penguasaan kemampuan membaca mulai dari membaca permulaan sampai dengan membaca pemahaman. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian peningkatan kemapuan membaca permulaan dengan metode struktural analitik sintetik (SAS) dengan tujuan untuk melihat dan mendeskripsikan efektifitas dan pemahaman dari setiap tahapannya. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas I SD Negeri 194/VI Tambag Emas I dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun hasil yang disimpulkan dari penelitian tersebut menyatakan bahwa metode struktural analitik sintetik (SAS) merupakan metode yang cukup efektif dan berdampak signifikan dalam peningkatan kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I SD Negeri 194/VI Tambag Emas I. Disamping itu pula, aktifitas dan kreatifitas guru sangat dibutuhkan guna peningkatan aktifitas siswa. selanjutnya kedua aktifitas tersebut akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh adanya kemampuan guru dalam pengelolaan kelas termasuk penggunaan berbagai metode mengajar yang relevan dan kondisi setempat serta karakteristik siswa.References
Banowati, E., dan Aulia, P. P. (2015). Implementasi dan Sosialisasi Model Pelatihan dalam Pemberdayaan Penduduk Miskin Perkotaan. Jurnal Geografi, 12 (1),70.
Budi, R. H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2, Jurnal:Prima Edukasia, 2(2), 127-137.
Handayani, F. (2020). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Literasi Digital Berbasis Stem Pada Masa Pandemik Covid 19, Jurnal:Cendekiawan, 2(2),69-72.
Hartati, et.al. (2006). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Bandung: UPI Press. Hasanudin, C. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Pintar Membaca Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sd Menghadapi Mea. Jurnal Pedagogia, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.84
Kamilah, A., Mugara, R., Ruqoyyah, S., & Teaching, C. (2022). Pembelajaran Daring Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sd Menggunakan Model 13 Contextual Teaching And Learning Berbantuan Kartu Kata. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) 4(1), 218–226. http://dx.doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10495.
Sardiman, A. (2016). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali. Sudarsana, I. K. (2020). Covid-19?: Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (2nd Ed.). Alfabeta.
Yaumi. (2016). Pendidikan Karakter (landasan, pilar & implementasi). Jakarta: Prenada Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Syifa, Indryani Indryani, Ugi Nugraha, Urip Sulistiyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.