MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS 2 SD NEGERI 062/IV KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.40929Keywords:
Motivasi Belajar, Aplikasi Wordwall, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Perkembangan teknologi informasi yang pesat di abad ke-21 menuntut pendidik untuk memanfaatkan media pembelajaran inovatif guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun, kenyataannya masih banyak pendidik yang menggunakan metode konvensional, yang cenderung membuat siswa merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SD Negeri 62/IV Kota Jambi dengan menerapkan aplikasi Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas II yang terbagi atas 10 perempuan dan 12 laki-laki. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator motivasi belajar, yaitu hasrat untuk berhasil, dorongan belajar, harapan masa depan, kegiatan belajar yang menarik, dan lingkungan belajar yang kondusif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I pertemuan I, hanya 31,81% siswa yang memenuhi kriteria motivasi belajar, meningkat menjadi 40,90% pada pertemuan II. Pada siklus II, peningkatan lebih signifikan terlihat dengan persentase 72,72% pada pertemuan I dan 81,81% pada pertemuan II. Penerapan media Wordwall terbukti mampu menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menarik, sehingga siswa lebih termotivasi dan memahami materi dengan lebih baik.References
Amalia, A., Ricky Fahmi, ahmad faridh, Sari, husna mustika nurul, Nugroho, D. anggriawan, Prabowo, D. S., Pujiono, I. P., Nadia, F., & Syukron, A. aufa. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI) di sekolah (A. A. Syukron (ed.)). PT. Nasya Expanding management.
Andari, D. A. (2021). Media Pembelajaran Berbasis ICT. Guepedia.
Etistika Y W, Dwi A S, & Amat N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 262–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/262-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7291
Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., & Setiawan, T. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Seminat Nasional Paedagoria, 3, 527–532. https://wordwall.net/
Jauhar, S., Nur, N., & Sudirman. (2022). Teaching Professional Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada. Global Journal Basic Education, 1(3), 371–378.
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400
Mulyani F, & Haliza N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 3(1), 101–109.
Rachmah Nur, M., Firdaus, N. A. M., & Aini, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Wordwall pada Materi Pecahan Campuran. 2(1), 62–69.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, 5–7. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/7649/4429
Rosyad, A. M., & Indramayu, U. W. (2020). Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99.
Yuridka, F., & Nazaruddin. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM ERA 5.0. 6(2), 210–220.
Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Selin Edri Anggelina, Indryani Indryani, Ugi Nugraha, Urip Sulistiyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.