LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 6 MADIUN

Authors

  • Epa Nur Pitriana Universitas PGRI Madiun
  • Ibnu Mahmudi Universitas PGRI Madiun
  • Ana Anggraini SMP Negeri 6 Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38758

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII B SMP 6 Madiun tahun ajaran 2024/2025. Subjek yang diteliti adalah siswa sebanyak 6 siswa yang dipilih secara purposive sampling dari 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Desain penelitian yang digunakan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil analisis data terhadap subjek menunjukkan bahwa rata-rata skor kemandirian belajar siswa pra siklus mendapat skor rata-rata 28 (56%) kategori rendah. Pada siklus I pertemuan ketiga mendapat skor rata-rata 37,75 (75,5%) kategori cukup. Pada siklus II pertemuan ketiga mendapat skor rata-rata 43,75 (87,5%)  kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rerata skor kemandirian belajar siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving.

References

Alexander., F. M. (2017). Pengunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI Teknik Komputer Jaringan. Jurnal IT-EDU, 2(1), 162-170.

Afifah, N., S., Sutrisno, AB, Joko, & Puspita, S., R., (2023). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling, 5(1), 1-16.

Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Atikah, N., Asni. (2023) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa SMPN 33 Bekasi. Research and Development Journal Of Education, 9(2), 674-678.

Desmita (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Febriana, S., Juliejatiningsih Y., & Lestari, F. W., (2018) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Institut Indonesia Semarang. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 88-96.

Ghea, Antonius Atosakhi, dkk. (2003) Character Building 1 Relasi dengan Diri Sendiri (edisi revisi). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Gusnita., Melisa., & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Jurnal BSIS, 3(2), 286-296.

Hartinah, G., (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2), 153-156.

Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran Pengembangan Standar Kompetensi Guru. Cetakan Kedelapan. Bandung: Rosda Karya

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2016). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Prenamedia Group.

Nisa, M., Handoyo, A., W., dkk. (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 1-9.

Novi, P., P., Sumarwiyah & Richma, H., (2019). Peningkatan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Home Room Pada Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2), 124-132.

Rusman (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sandyariesta, D., Yuliejatiningsih, Y., & Hartini, T., (2020) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 119-128.

Sutrisno AB, Joko. (2021) Perbedaan Kemandirian Belajar Ditinjau dari Gender dan Disposisi Matematis. Pendidikan Matematika, STKIP-PGRI. Bandar Lampung. Vol. 3 No. 2, hal 188-201.

Tirtarahardja Umar. (2005) Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Yamin, Martinis. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Gaung Persada Press Jakarta.

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Pitriana, E. N. ., Mahmudi, I. ., & Anggraini, A. . (2024). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 6 MADIUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17322–17329. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38758

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.