EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PERSEPSI KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK (PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAINAN)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42334Keywords:
Efektivitas, Persepsi , KedisplinanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena mengenai kedisiplinan belajar peserta didik yang masih mengerjakan tugas rumah di sekolah, dan peserta didik yang sering keluar masuk saat PBM berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Gambaran persepsi kedisiplinan belajar peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok, 2) gambaran persepsi kedisiplinan belajar peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok, 3) Efektivitas persepsi peserta didik sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan kelompok untuk meningkatkan persepsi kedisiplinan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest and Posttets. Dengan jumlah populasi 28 orang dan sampel 10 orang, sedangkan teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala likert, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis uji t. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Gambaran persepsi sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan persepsi kedisiplinan belajar berada pada kategori tinggi, 2) Gambaran persepsi sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan persepsi kedisiplinan belajar berada pada kategori sangat tinggi, 3) Terdapatnya perbedaan persepsi peserta didik sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan persepsi kedisiplinan belajar peserta didik. Hasil Penelitian ini direkomendasikan kepada Guru BK agar bisa memberikan layanan bimbingan konseling khususnya pada layanan bimbingan kelompok.References
Adison & Suryadi. (2022). Gambaran Bentuk Disiplin Peserta Didik di Kelas VII SMP N 1 Koto XI Tarusan. Journal on Education, 05(01), 1101–1109.
Aklima, Y., Supriyanto, A., & Antara, U. (2020). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Muara Batu). Prosiding Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 6, 919–927.
Anggraini, W. H., Kasih, F., & Putra, F. (2021). Model Rancangan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Mengunakan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 6840–6846.
Hidayat, K., & Widigdo, R. J. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Siswa SMK menghadapi Wawancara Kerja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 26–30.
Laili Sulistyowati, A. N. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatka Keterampilan Belajar Siswa. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 413–430.
Marbun, R. (2023). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Kelas XI Ips 3 Sma Negeri 7 Depok. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2), 120–128.
Sirefar, D. M., & Syaputra, E. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 119–124.
Siregar, M. D. (2015). Kontribusi Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa (Sebuah Studi Persepsi). Jurnal Educatio,10(1),h.150.
Yuliantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, Dan XII Di Sma Bhakti Yasa Singaraja
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Husnul Khatimah M, Fuaddillah Putra , Rahmawati Wae

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.