PENGARUH PEMANFAATAN WEBLOG TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 7 MAJENE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42694Keywords:
Weblog, Kemandirian BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pemanfaatan weblog di SMK Negeri 7 majene; Mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik di SMK negeri 7 Majene; Menganalisis pengaruh pemanfaatan weblog terhadap kemandirian belajar peserta didik di SMK Negeri 7 Majene. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan menggunakan pendekatan metodologi yakni kuantitatif dan pendekatan keilmuan berupa psikologi. Desain penelitian paradigma sederhana dengan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMK Negeri 7 Majene yang berjumlah 568 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 0rang. Dengan menggunakan metode simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala pemanfaata weblog dan skala kemandiria belajar yag dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian pemanfaatan weblog berada pada kategori sedang, yaitu 60 % dengan nilai rata-rata 30,20, yang disebabkan oleh aspek langkah-langkah pemanfaatan weblog sedangkan hasil statistik deskriptif kemandirian belajar peserta didik di SMK Negeri 7 Majene berada dalam kategori sedang, yaitu 66,25% dengan nilai rata-rata 73,75. Berdasarkan hasil pengolahan analisis statistik inferensial variabel pemanfaatan weblog (X) terhadap kemandirian belajar (Y) peserta didik di SMK Negeri 7 Majene diperoleh hasil analisis hasil perhitungan nilai t yaitu ( ) lebih besar dari nilai (t) yang diperoleh dari tabel distribusi ( ). Dari hasil analisis didapatkan taraf nyata (α) dan nilai tabel sebesar 5 % = 0,05, a/2 = 0,025. Kemudian diperoleh hasil analisis =6,900 sedangkan = 1,990. Artinya nilai lebih besar dari ( > = 6,900 > 1,990). Dengan demikian pemanfaatan weblog berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar peserta didik di SMK negeri 7 Majene. Mengingat pentingnya pemanfaatan weblog dan kemandirian belajar, hendaknya peserta didik mampu meningkatkan pemanfaatan weblog dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru Pendidikan Agama Islam kepada mereka agar dapat berpengaruh terhadap kemandirian belajarnya.References
Abd. Qodir. “Teori Belajar Humanistik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa” 04, no. 02 (2017).
Abdul Majid. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Agus Zaenul Fitri. Manajemen Kurikuum Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta, 2013.
Ansori, Yusup, Indri Herdiman, Lailatul Fajriah, Yoga Nugraha, Padillah Akbar, and Martin Bernard. “Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP terhadap Kemampuan Penalaran Matematis.” Journal on Education 1, no. 2 (2019): 288–296.
Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Azwar, Saifuddi. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Baharuddin dan Moh. Makin. Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori dan Aplikasi Praksis dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
Bâldea, Maja, Alexandra Maier, and Oana Simionescu. “Using Weblogs as a Communication Tool for Teaching Students in the Architecture Design Studio.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 (2015): 2758–2762. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.293.
Cahyo, Agus N. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Divapres. 2013
Delia Anastasia Andani. “Pemanfaatan Media Weblog dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran TIK Menggunakan Metode Survey Question Read Recite Dan Revieq (SQ3R) Di SMP Mataram Semarang.” Skripsi (2016).
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.
Devita Mustika Weni. “Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Weblog.” Pendidikan Bisnis dan Manajemen 2, no. 2 (2016): 114–123.
Diansyah, Risnal, Syahril Syahril, Aryanto Aryanto, Edo Arribe, and Doni Winarso. “Penguatan Umkm melalui Pelatihan Weblog.” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI 1, no. 2 (2017): 1–7.
Dwi Lestari. “Hubungan Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Siswa Di SMK Mutiara Bangsa Jakarta.” Skripsi (2016).
Fatimah. Psikologi Pembangunan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2010.
Filayudha, Yanuar, and Endang Fatmawati. “Pemanfaatan Weblog ( Weblog ) Sebagai Sarana Knowledge Sharing bagi Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.” Jurnal Ilmiah Kepustakawanan Libraria 8, no. 2 (2019): 69–81.
Hamid Darmadi. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.
Hamka, Prof. Dr. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Gema Insani, 2015.
Harris Mudjiman. Belajar Mandiri. Bandung: CV Pustaka Setia, 2010.
Heli Yanti. “Hubungan Kemandirian Belajar dan Sikap Peserta Didik terhadap Pembelajaran Online menggunakan Pendekatan Penugasan Individu pada Mata Materi Klasifikasi Makhluk Hidup.” Skripsi (2020).
Hergenhen. Theories of Learning. Cet. VI. Jakarta: Prenadamedia Group, 2008.
Herutono, Agung. Conquering Web 2.0. Jakarta: PT. Elex Media Compatindo, 2010.
Hidayat, Dede Rahmat, Ana Rohaya, Fildzah Nadine, and Hary Ramadhan. “Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19.” Perspektif Ilmu Pendidikan 34, no. 2 (2020): 147–154.
J.J. GM. Drost. Sekolah: Mengajar Dan Mendidik? Yogyakarta: Kanisius, 2006.
Karabacak, Gözde, and Merve Genç. “The Use of Weblogs as an Example of Internet Entrepreneurship: Turkish Travel Weblogs.” Procedia Computer Science 158 (2019): 869–876. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.125.
Karunia Eka Lestari dan Muhammad Ridwan Yudhanegara. Penelitian Pendidikan Matematika. Cet.1. Bandung: PT.Refika Aditama, 2015.
Khalifah Mustami. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet.I. Yogyakarta: Aynat Publishing, 2015.
Khoirunnisa dkk. “Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Di SMPN 18 Tanggerang.” Seminar Nasional Pendidikan Matematika 01 (2018).
M. Iqbal Hasan. Pokok-Pokok Materi Statistik 2 Statistik Inferensial. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Mania, Sulaiman Saat dan Sitti. Pengantar Metodologi Penelitian Panduan bagi Peneliti Pemula. Cet.II. Gowa: Pusaka Almaida, 2020.
Meutia Hadi dan Rilla Sovitriana. “Model Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Aliyah 9 Jakarta.” Jurnal IKRA-ITH Humaniora 3, no. 3 (2019).
Misbahuddin dan Iqbal Hasan. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Cet.1. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Mohamad Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Mohammad Syamsul Anam. “Teori Belajar Behavioristik dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Universitas Negeri Malang (n.d.).
Mohammed Huzaimi Alias. “Persepsi Pembelajaran Dewasa melalui Teknologi ( Perception of Adult Learning Through Technology Of.” Journal of Personalized Learning 3, no. 1 (2020): 47–54.
Muhammad Arif Tiro. Dasar-Dasar Statistik Makassar. Makassar: State University of Makassar Pres, 2000.
Muri Yusuf. Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Cet. 1. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.
Nadiya Qalbu. “Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDIT Nurul Hikmah Tanjung Jabung Timur” (n.d.).
Nana Sudjana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mangajar. Cet. XIII. Bandung: Sinar baru Algesindo, 2014.
Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. VI. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.
Nanang Wahyudi. “Pemanfaatan Weblog sebagai Media Pembelajaran.” Study Islam Panca Wahana (2014): 143.
Ningsih, Rita, and Arfatin Nurrahmah. “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian.” Jurnal Formatif 6, no. 1 (2016): 73–84.
Nurhayati. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Weblog terhadap Kemandirian Belajar, Kreativitas Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Kelas VIII.” Thesis (2017).
Nursa, Muhammad. “Penggunaan Teknik Seven Jumps untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa.” Cakrawala Pendidikan 0, no. 2 (2013): 258–265.
Oka Agus Kurniawan Shavab dan Gurdjita. “Pemanfaatan Weblog Sebagai Media Pembelajaran dalam Calon Guru Sejarah” Candrasangkala 3, no. 1 (2017): 10–19.
Oknisih, Nur, Yuli Wahyuningsih, and Suryoto. “Penggunaan Aplen (Aplikasi Online ) sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa.” Seminar Nasional Pendidikan Dasar (2019): 477–483.
Rahma Fitiriai. “Kemandirian Belajar dalam Mengerjakan Tugas Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar.” Skripsi (2019).
Red’ko, Ludmila, Mariya Yuzhakova, and Marina Yanushevskaya. “Creative Independent Learning for Developing Students’ Professional Competencies.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 214, no. June (2015): 319–324.
Riduwan dan Sunarto. Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi Dan Bisnis. Cet. III. Bandung: Alfabeta, 2010.
Rijal, Syamsu, and Suhaedir Bachtiar. “Hubungan Antara Sikap, Kemandirian Belajar, Dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa.” Jurnal Bioedukatika 3, no. 2 (2015): 15.
Rohaeti, Eli, Suwardi, and Jaslin Ikhsan. “Improving Students’ Achievement and Learning Independence through Reciprocal Teaching Approach and Cooperative Learning.” Cakrawala Pendidikan 32, no. 1 (2013): 116–124.
Rostina Sundayana. “Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pelajaran Matematika.” Mosharafa 5, no. 2 (2016): 75–84.
Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Rusman dan Deni Kurniawati. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Pengembanga Profesional Guru. Cet.III. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Saifuddin Azwar. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Sánchez-Ávila, María Teresa, Luis Alonso Morales-Garza, Edgar Alonso Cano-Torres, and Jaime Javier Cantú-Pompa. “Use of an Electronic Weblog as a Method of Sharing the Academic Production of a Residency Program.” Educacion Medica 20, no. 3 (2019): 167–169. https://doi.org/10.1016/j.edumed.2018.04.011.
Santosa, Made Hery. “Pemanfaatan Weblog (Jurnal Online) Dalam Pembelajaran Menulis.” Pusat Penelitian dan Kajian Inovatif (Puslitjaknov) (2008): 1–34.
Santoso, Dwi Budi. “Pemanfaatan Teknologi Search Engine Optimazion Sebagai Media Untuk Meningkatkan Popularitas Weblog Wordpress.” Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK XIV, no. 2 (2009): 131–136.
Sartono. “Pemanfaatan Weblog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Di Sekolah.” Transformatika 12, no. 1 (n.d.).
———. “Pemanfaatan Weblog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Di Sekolah.” Transformatika 12, no. 3 (2016): 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.
Seto Mulyadi dkk. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah. Cetakan IV. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Sri Esti Wuryani Djiwandono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2006.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D). Bandung: Alfabeta, 2013.
———. Metodologi Penelitian Kombinasi. Cet.XIII. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sugyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cet. XXV. Bandung: Alfabeta, 2017.
———. Metoe Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R& D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Suharsimi Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cet.1. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
———. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
———. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Cet. XII. PT. Asdi Mahasatya, 2002.
———. Prosedur Penelitian Suatu Pendekata Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
———. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. XV. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Suhendri, Huri. “Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 1, no. 1 (2011): 29–39.
Suparlan, “Teori-teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran” Islamika Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 2.1 (2019). h.79-88.
Supriadi. “Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran.” Lantanida Journal 3, no. 2 (2015): 131.
Suriswo. “Pemanfaatan Weblog sebagai Sumber Belajar Siswa” 18, no. 3 (2017): 1–5.
Suryana, Oya. Membangun Weblog Wordpress. Jakarta: PT. Elex Media Compatindo, 2008.
Syafaruddin Siregar. Statistik Terapan Untuk Penelitian. Cet. I. Jakarta: Grasindo, 2005.
Syahputra, Dedi. “Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbauangan.” At-Tawassuth 2, no. 2 (2017): 368–388. https://www.cambridge.org/core/product/identifier/CBO9781107415324A009/type/book_part.
Syamsuddin dan Vismaia S. Damaianti. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.
Tanwey Gerson Ratumanan. Belajar Dan Pembelajaran Edisi Ke-2. Surabaya: Unesa University Press, 2004.
Tiningrum, Jamil Upriha. Sejarah Singkat FIlsafat Modern: Dari Descartes Sampai Wittgenstein. Jakarta: Pantja Simpati, 1984.
Tresnaningsih, Fety, Dina Pratiwi Dwi Santi, and Etty Suminarsih. “Kemandirian Belajar Siswa Kelas III Sdn Karang Jalak I dalam Pembelajaran Tematik.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 6, no. 2 (2019): 51–59.
Tuasikal, Hendrik lempe Tasaik dan Patma. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpress Samberpasi.” Jurnal Metodik Didaktik 14, no. 1 (n.d.).
Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Cet. 1. Jakarta: Rajawali Press, 2008.
Umar Tirtahardja dan La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, n.d.
Yau, Timothy T., Matthew A. Sparks, and Joel M. Topf. “Eight Years of AJKD Weblog—Lessons Learned and What Lies Ahead.” American Journal of Kidney Diseases 78, no. 2 (2021): 168–170. https://doi.org/10.1053/j.ajkd.2020.12.021.
Zulkifli Matondoang. “Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian.” Tabularasa PPS UNIMED 6, no. 1 (2009): 87–97.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nasruddin Supardi, Yusril Yusril, Sugisman Sugisman, Randi Sudirman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.