HUBUNGAN KONTROL DIRI (SELF CONTROL) DENGAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS VII SMPN 6 MADIUN TAHUN AJARAN 2024-2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38583Keywords:
Self control, Kematangan Emosi, HubunganAbstract
Pendidikan pada jenjang SMP mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter dan perkembangan emosi peserta didik. Salah satu aspek yang dapat mempengaruhi kematangan emosi adalah pengendalian diri. Berdasarkan penjelasan tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengendalian diri dengan kematangan emosi peserta didik kelas VII SMPN 6 Madiun tahun ajaran 2024-2025 Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah korelasional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 6 Madiun tahun ajaran 2024-2025. Instrumen yang digunakan adalah angket pengendalian diri dan kematangan emosi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara kematangan emosi dengan pengendalian diri sebesar 3,272505. Sementara itu, r tabel dengan derajat kebebasan (df 108-2 106) pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai t tabel sebesar 1,65936. yang berarti korelasi dalam penelitian tersebut signifikan.References
Sobri, M., 2020, Kontribusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap hasil Belajar, Praya, Penerbit : Guepedia.
Adelia, E., Budiono, A. N., & Faqih, N. (2024). Jurnal Konseling Indonesia ( JKI ) Hubungan Kontrol Diri ( Self Control ) Dengan Kematangan Emosi Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tanggul TA 2023-2024 Jurnal Konseling Indonesia ( JKI ). x.
Agustina, M., Aminudin, S. Z., Ubaidillah, Aniqotuzzuhro, & Fitriana. (2023). Analisis Manajemen Konflik Kematangan Emosi Terhadap Wanita Yang Menikah di Usia Muda. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni (JISHS), 1(2), 232–238.
Ahmad, H. (2022). Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita?: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2). https://doi.org/10.33394/realita.v6i2.4495
Aryati, S. indah, & Utami, N. I. (2022). Hubungan antara konsep diri dengan kematangan emosi pada dewasa awal. Jurnal Spirits, 12(1), 9–14. https://doi.org/10.30738/spirits.v12i1.12713
Christopher, H. G. (2019). Hubungan Iklim Sekolah Dengan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 215–220. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i1.643
Dedy Firmansyah, Wardatul Mufidah, D. W. (2022). IDEA?: Jurnal Psikologi IDEA?: Jurnal Psikologi. 6(1), 61–74.
Education, E., Elisa, P. N., & Perjuangan, U. B. (2021). Jurnal basicedu. 5(1), 446–452.
Hafifah, N., & Anggraeni, F. (2022). Kematangan Emosi, Religiusitas Dan Perilaku Agresif. Jurnal At-Taujih, 2(1), 19. https://doi.org/10.30739/jbkid.v2i1.1476
Karakter, J. P., Demonstran, M., Maturity, E., & Demonstrators, S. (2022). Self-Control , Kematangan Emosi , dan Agresivitas. 2(1), 87–94. https://doi.org/10.56326/jpk.v2i1.1439
Laia, B., & Daeli, B. (2022). Hubungan Kematangan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Faomasi Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat. 2(2).
Mahfud, S. M., & Khoirunnisa, R. N. (2020). Hubungan antara kematangan emosi dengan kecenderungan perilaku agres i di media sosial pada siswa smk “ x ” sidoarjo. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 1–8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/31996
Murni Dahlena Nst, Sri Ugika Wulandari, Jamilah Harahap, & Yentiarsini Yentiarsini. (2023). Peningkatan Kemampuan Kontrol Diri Siswa dengan Pemberian Konseling Kelompok dan Konseling Individual. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 2(1), 137–145. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v2i1.663
Nofitriani, N. N. (2020). Hubungan antara kontrol diri dan harga diri dengan perilaku konsumtif terhadap gadget pada Siswa Kelas XII SMAN 8 Bogor. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 53–65.
Pramesthi, K. G., Psikologi, P. S., Psikologi, F., & Surakarta, U. M. (2022). Hubungan kematangan emosi dan kontrol diri dengan agresivitas remaja akhir anggota persaudaraan setia hati terate.
Putri, D. (2020). Kematangan Emosional Terhadap Siswa Disiplin Di Sekolah. Psikologi Konseling, 17(2), 733. https://doi.org/10.24114/konseling.v17i2.22076
Rozanah, at al.. (2023). Hubungan kontrol diri dengan disiplin belajar siswa di SMPN 7 Muaro Jambi. Journal of Social Science Research, 3(3), 3.
Syavitri, D. N. (2024). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Kematangan Emosional dengan Agresivitas pada Siswa SMK “X” di Kota Pati. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 6(2), 472–480.
Utami, R. V., Meilinda, E., & Haryati, A. (2024). Peran Self Estem dalam Mencegah Emosional Distres pada Siswa SMA 7 Kepahiang. Mandira Cendikia, 2(7), 70–79.
Zulfah. (2021). Karakter: Pengembangan Diri. IQRA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28 33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elia Rizky Safira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.