KONSELING KELOMPOK TEKNIK TOKEN EKONOMI UNTUK MEMPERBAIKI KETERATURAN BELAJAR SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 6 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2024/ 2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38756Keywords:
Belajar, Konseling Kelompok, Token EkonomiAbstract
Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua manusia, baik itu dalam bentuk Pendidikan formal maupun non formal. Di Indonesia terdapat wajib belajar 9 tahun, yang mana mewajibkan seluruh anak di Indonesia minimal menempuh Pendidikan dasar, menengah, dan atas. Dari hal ini diharapkan seluruh anak Indonesia mendapat hak belajar dan mempergunakan hak tersebut dengan sebaik-baiknya. Diantara permasalahan yang muncul dari anak ketika belajar di sekolah adalah keteraturan belajar mereka. Pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 6 Madiun yang menjadi subjek penelitian, ditemukan beberapa masalah yang berkaitan dengan belajar. Penemuan masalah belajar ini peneliti temukan dari need assessment yang sebelumnya sudah diberikan kepada siswa kelas VIII E SMP Negeri 6 Madiun, yaitu observasi, wawancara, dan Daftar Cek Masalah (DCM). Dalam hal ini yang diangkat untuk diteliti adalah masalah keteraturan belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 6 Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research. Proses penelitian ini mulai dari pengumpulan data, analisis data, sampai menyimpulkan data yang diperoleh. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang disetiap siklusnya terdapat 2 kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah dengan melihat meningkatnya jumlah siswa dalam klasifikasi nilai A dan B sebesar 75%, dan menurunnya jumlah siswa dalam klasifikasi nilai C, D, dan E berdasarkan data hasil analisis angket.References
Aji, R. H. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian, VI(1), 87–93.
Anisah, N. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.
Aulia, R. N., Kosim, A., Abidin, J., & Siswa, M. K. (2024). Masalah Kepribadian Siswa Di Smk Negeri 1 Karawang. 7, 6570–6575.
Fahrudin, A. (2012). Token Economy Technique in the Modification of Client Behavior. Informasi, 17(03), 139–143.
FITRI, A. S. (2020). Penerapan Teknik Token Ekonomi Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa di SMK Negeri 6 Bulukumba. Jurnal Universitas Negeri Makassar, April, 5–24.
H.T, C. M., & Miskanik. (2023). GURU MENGATASI. 6(1), 105–113.
Marliani, Suasta, I. W., & Gunawan, I. G. D. (2021). Penerapan Metode Konseling Behavioral Dalam Mengelola Dan Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Pada SMKN 5 Palangka Raya SMKN 5 Palangka Raya , 23 IAHN Tampung Penyang Palangka Raya. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangkaraya, No. 6 Tahun 2021, 6, 111–120. https://prosiding.iahntp.ac.id
Muzdalifah, R. (2021). Effectiveness of the Application of Economic Tokens to Improve the Academic Self Concept of Students with Developmental Disabilities. Psikologia?: Jurnal Psikologi, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.21070/psikologia.v4i1.706
Nurlatifah, Indira Chanum, D., & Indrawati, S. A. (2017). Penerapan Pendekatan Behavioral-Teknik Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa Pada Situasi Pembelajaran Di Dalam Kelas (Single Subject Research pada siswa kelas 4 SDN Sukamerta II di Kabupaten Karawang). Bimbingan Dan Konseling , 3(1), 100–105.
Prabowo, A. S., & Cahyawulan, W. (2016). Pendekatan Behavioral: Dua Sisi Mata Pisau. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 15. https://doi.org/10.21009/insight.051.03
Rohmaniar, S., & Krisnani, H. (2019). Penggunaan Metode Token Economy Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Penyandang Tunanetra Demi Meraih Prestasi. Focus?: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 84. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23124
Ulyah, S., & Noviekayatie. (2020). Token Ekonomi Untuk Mengurangi Gejala Perilaku Pada Anak Adhd. Prosiding Seminar& LokakaryaNasional Bimbingan Dan Konseling2020, 408–415. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/65
Yandri, H., Rahayu, G., & Neviyarni, S. (2022). Kebermaknaan Konseling Kelompok dalam Menanggulangi Masalah Kehidupan. 4(2), 59–69.
Yunita. (2020). Pentingnya Layanan Konseling Kelompok Terhadap Harga Diri Remaja The Importance of Group Counseling Services for Adolescent Self- Esteem suatu bentuk upaya bantuan yang individu untuk menggapai harmoni pada. 1(3), 253–259.
Corey, G. (2013). Theory & Practice of Counseling & Psychotherapy (9th Ed.). Belmont: Brooks/Cole.
Aji, R. H. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian, VI(1), 87–93.
Anisah, N. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.
Aulia, R. N., Kosim, A., Abidin, J., & Siswa, M. K. (2024). Masalah Kepribadian Siswa Di Smk Negeri 1 Karawang. 7, 6570–6575.
Fahrudin, A. (2012). Token Economy Technique in the Modification of Client Behavior. Informasi, 17(03), 139–143.
FITRI, A. S. (2020). Penerapan Teknik Token Ekonomi Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa di SMK Negeri 6 Bulukumba. Jurnal Universitas Negeri Makassar, April, 5–24.
H.T, C. M., & Miskanik. (2023). Guru Mengatasi. 6(1), 105–113.
Marliani, Suasta, I. W., & Gunawan, I. G. D. (2021). Penerapan Metode Konseling Behavioral Dalam Mengelola Dan Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Pada SMKN 5 Palangka Raya SMKN 5 Palangka Raya , 23 IAHN Tampung Penyang Palangka Raya. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangkaraya, No. 6 Tahun 2021, 6, 111–120. https://prosiding.iahntp.ac.id
Muzdalifah, R. (2021). Effectiveness of the Application of Economic Tokens to Improve the Academic Self Concept of Students with Developmental Disabilities. Psikologia?: Jurnal Psikologi, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.21070/psikologia.v4i1.706
Nurlatifah, Indira Chanum, D., & Indrawati, S. A. (2017). Penerapan Pendekatan Behavioral-Teknik Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa Pada Situasi Pembelajaran Di Dalam Kelas (Single Subject Research pada siswa kelas 4 SDN Sukamerta II di Kabupaten Karawang). Bimbingan Dan Konseling , 3(1), 100–105.
Prabowo, A. S., & Cahyawulan, W. (2016). Pendekatan Behavioral: Dua Sisi Mata Pisau. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 15. https://doi.org/10.21009/insight.051.03
Rohmaniar, S., & Krisnani, H. (2019). Penggunaan Metode Token Economy Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Penyandang Tunanetra Demi Meraih Prestasi. Focus?: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 84. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23124
Ulyah, S., & Noviekayatie. (2020). Token Ekonomi Untuk Mengurangi Gejala Perilaku Pada Anak Adhd. Prosiding Seminar& LokakaryaNasional Bimbingan Dan Konseling2020, 408–415. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/65
Yandri, H., Rahayu, G., & Neviyarni, S. (2022). Kebermaknaan Konseling Kelompok dalam Menanggulangi Masalah Kehidupan. 4(2), 59–69.
Yunita. (2020). Pentingnya Layanan Konseling Kelompok Terhadap Harga Diri Remaja The Importance of Group Counseling Services for Adolescent Self- Esteem suatu bentuk upaya bantuan yang individu untuk menggapai harmoni pada. 1(3), 253–259.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farida Anis Artita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.