PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN YANG BERIMPLIKASI PADA LOYALITAS PASIEN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (SURVEI DI UPTD PUSKESMAS RUSUNAWA KOTA BANDUNG)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36799Keywords:
Kualitas Layanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas PasienAbstract
Pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan penting dan hak mendasar masyarakat yang wajib diselenggarakan oleh Pemerintah. Kualitas layanan kesehatan menjadi aspek krusial yang perlu diperhatikan, mencakup indikator bukti fisik (Tangibles), keandalan (Reliability), ketanggapan (Responsiveness), jaminan (Assurance), dan empati (Empathy). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan, kepuasan pasien, dan loyalitas pasien di Poli Gigi UPTD Puskesmas Rusunawa Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis data. Penelitian ini mengukur variabel kualitas layanan, kepuasan pasien, dan loyalitas pasien melalui survei terhadap responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan memperoleh skor total 2.781 dengan rata-rata 3,49 menunjukkan persepsi sangat baik dari responden. Kepuasan pasien mendapat skor total 4.886 dengan rata-rata 3,25 menunjukkan tingkat kepuasan baik. Loyalitas pasien memiliki skor toral 1.275 dengan rata-rata 3,18, juga dalam kategori baik. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan pasien dan loyalitas pasien, dengan p-value sebesar 0,001 dan t hitung masing-masing 4,369 dan 5,896. Namun, terdapat pengaruh signifikan antara kepuasan pasien dan loyalitas pasien dengan p-value sebesar 0,001 dan t hitung sebesar 4,512. Koefisien korelasi menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara kualitas layanan dan kepuasan pasien (r = 0,706, R2 = 0,721) serta antara kualitas layanan, kepuasan pasien, dan loyalitas pasien (r = 0,878, R2 = 0,857). Hasil ini mengindikasikan bahwa kualitas layanan dan kepuasan pasien secara signifikan mempengaruhi loyalitas pasien, dengan implikasi penting bagi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas.References
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
Liu, S. et al. (2021) ‘The Impact of Patient Satisfaction on Patient Loyalty with the Mediating Effect of Patient Trust.’, The Journal of Health Care Organization, Provision, and Financing, 58(1–11).
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). di akses pada 10 Desember. 2023. https://kbbi.web.id/didik
Noora F, Vida U.PS. (2020). Kualitas Pelayanan Puskesmas Dinoyo Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol. 9 No.1, Nopember 2020
Kusnendi. (2004). Komputasi Analisis Jalur Melalui Aplikasi Program SPSS. Manajerial, VOL. 2, NO. 4, Januari 2004 :1O9 '127
Parasuraman. A, Zeithaml Valarie. A, Berry Leonard. L. (1988). Servqual: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Jurnal Of Retailing. (Vol.64, number 1).
Ajao Ganiyu, R., & Olusola Elizabeth, A. (2012). Is Customer Satisfaction an Indicator of Customer Loyalty? In Australian Journal of Business and Management Research (Vol. 2, Issue 07).
Akbar, F. H., & Pratiwi, R. (2016). Patient satisfaction against the quality of dental health services at dental polyclinic of Tenriawaru general hospital in Bone regency. Journal of Dentomaxillofacial Science, 1(3), 352. https://doi.org/10.15562/jdmfs.v1i3.313
Ali, D. A. (2016). Patient satisfaction in dental healthcare centers. European Journal of Dentistry, 10(3), 309–314. https://doi.org/10.4103/1305-7456.184147
Arifin, S., & Wulandari, A. (2019). Buku Ajar Dasar-Dasar Manajemen Kesehatan. https://www.researchgate.net/publication/333929510
Berita Negara Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 43, (2019). www.peraturan.go.id
Berita Negara Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 89, (2015). www.peraturan.go.id
Endah Saptutyningsih dan Esty Setyaningrum. (2019). Penelitian Kuantitatif Metode dan Analisis. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
G., Mutu, J., Kesehatan, L., Buku, B., Play, D. G., & Depan, C. S. Telusuri Dalam Buku I.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung
Engkus. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi. The Influence of Service Quality on Patient Satisfaction in Cibitung’s Community Health Center of Sukabumi Regency (Vol. 5, Issue 2).
Fadilla, Z., Ketut Ngurah Ardiawan, M., Eka Sari Karimuddin Abdullah, M., Jannah Ummul Aiman, M., & Hasda, S. Metodologi Penelitian Kuantitatif. http://penerbitzaini.com
Handbook For National Quality Policy and Strategy. A practical approach for developing policy and strategy to improve quality of care. (2018). http://apps.who.int/bookorders.
Hasibuan. H. Malayu, S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Edisi Revisi.
Hasan, Sabri Aditya Halim Perdana Kusuma Putra (2018). Loyalitas Pasien Rumah Sakit Pemerintah: Ditinjau Dari Perspektif Kualitas Layanan, Citra, Nilai Dan Kepuasan. Jurnal Manajemen Indonesia (Vol. 18(3), pp. 184-196, 2018).
Riskesdas 2018. Riset Kesehatan Dasar, Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta. 2018;70–9 hal.
Lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 Narasi Republik Indonesia.
Listiyono, R. A. (2015). Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B. Kebijakan dan Manajemen Publik (Vol. 1, Issue 1).
Badarali Mishbahuddin. 2020. Meningkatkan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Cetakan I
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Modul Pelatihan Manajemen Puskesmas Dengan Pendekatan Keluarga. Eldo, N. (2017)
Nurrahmi, M., Al-Fikri, H., Yani, J. A., & Palembang, U. (2018). Kualitas Pelayanan Dampaknya Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. In Jurnal Balance (Vol. 60, Issue 2).
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 (2016)
Pinem, S., Husnan, L. H., & Handayani, B. R. (2019). The Impact Of Service Quality On Customer Loyalty With Moderating Effect Of Customer Satisfaction In Ditlantas Polda Ntb. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 9(93), 17–26. https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-09.02
Politeknik, L. P., & Bunda, T. (2021). Bunda Edu-Midwifery Journal (Bemj) Pengaruh Mutu Layanan Terhadap Loyalitas Pasien Di Rs Islam Kota Tasikmalaya (Vol. 4, Issue 1).
Puspitasari, E. R., & Nugroho, E. (2018). Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di RSUD Kabupaten Temanggung dengan Menggunakan Metode Hot-Fit. In Jurnal Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat Journal of Information Systems for Public Health: Vol. III (Issue 3).
Sulaiman Adebisi, O., & Olaniyi Lawal, K. The Impact of Service Quality on Customer Loyalty: A Study of Pharmaceutical Firms. In Arabian Journal of Business and Management Review (Vol. 7, Issue 2). Nigerian Chapter. www.arabianjbmr.com
Utari, U., Rivai, F., Andi Sapada, N. S., Administrasi Rumah Sakit, B., Kesehatan Masyarakat, F., Hasanuddin, U., & Korespondensi, A. The Impact of Patient Experience to Patient Loyalty in Haji, Makassar Regional Public Hospital.
Syamsuddin 2017. Penerapan Fungsi-fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Idaarah (Vol.1, Issue 1)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.
Wibowo, H. K., & Junaedi, S. (n.d.). The Impact of Service Quality, Patient Satisfaction, and Trust on Positive Word of Mouth (WOM) of Dental Clinic’s Patients.
Zhou, W. J., Wan, Q. Q., Liu, C. Y., Feng, X. L., & Shang, S. M. (2017). Determinants of patient loyalty to healthcare providers: An integrative review. In International Journal for Quality in Health Care (Vol. 29, Issue 4, pp. 442–449). Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/intqhc/mzx058
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.