PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN KELUHAN PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN LAYANAN JASA GOFOOD PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG (STUDI KASUS)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.41451Keywords:
Presepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Keluhan Pelanggan, Terhadap Kepusan Pelanggan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan dan keluhan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan gofood pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang yang pernah menggunakan Layanan jasa gofood. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan menggunakan metode dengan menggunakan Rumus slovin populasi dalam penelitian ini yaitu 849 Mahasiswa yang pernah menggunakan jasa gofoood, jumlah sampel sebanyak 90 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji f menggunakan program spss versi 25 for windows. Output koefisien determinasi R square adalah 0,330 atau 33%. Artinya kontribusi sumbangan pengaruh variabel Persepsi Harga (X1), Kualitas Pelayananan (X2) dan Keluhan Pelanggan (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) adalah sebesar 33,6%, sedangkan sisahnya (100%-33%) = 67% di perngaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Nilai sebesar 0,05 terdapat pada hasil uji F hubungan antar variabel Kepuasan Pelanggan (Y) dengan Keluhan Pelanggan (X2) dan Persepsi Harga (X1). Sehingga cenderung Persepsi Harga (X1), Kualitas pelayanan (X2) dan keluhan Pelanggan (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Umiversitas PGRI Palembang.References
Agussalim, S. O., & Jan, A. B. H. (2018). Pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi online Go-Jek di Manado. *Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi*, 6(4).
Al'asqolaini, M. Z. (2019). Penanganan keluhan pelanggan dan kualitas layanan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. *Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif*, 4(1), 34-42.
Bakri, B. U. M. A. (2022). Definisi kualitas menurut para ahli. Diakses dari https://bakri.uma.ac.id/kualitas-merupakan-menurut-pakar/
Budiyanto, A. (2018). Pengaruh persepsi harga, kualitas layanan dan brand image terhadap tingkat kepuasan konsumen di PT. Yerry Primatama Hosindo. *Jurnal Pemasaran Kompetitif*, 1(3), 71-80.
Chaeriah, E. S. (2016). Manajemen berbasis mutu. *Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana*, 4(2), 7.
Firatmadi, A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. *Journal of Business Studies*. Diakses dari https://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/view/959 (Diakses: 24 Juni 2024).
Firmansyah, M. (2014). H. Penelitian Terdahulu Tabel 2.1. Penelitian Terdahulu. Diakses dari https://www.academia.edu/9537427/H_Penelitian_Terdahulu_Tabel_2_1_Penelitian_terdahulu
Khoiri, A. H. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan penanganan keluhan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah pada Bank BNI Syariah Semarang. *Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam*, 7(2), 173-182.
Maharani, S., Kholid, M. N., Pradana, L. N., & Nusantara, T. (2019). Problem Solving in the Context of Computational Thinking. Infinity Journal, 8(2), 109. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p109-116
Nurmala, L., Yusuf, A., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap tingkat kepuasan pelanggan pengguna jasa pelayanan driver Grab. *Journal on Education*, 5(2), 1950-1957. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.836
Palelu, D. R. G., Tumbuan, W. J. F. A., & Rotinsulu, J. J. (2022). *Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi*.
Universitas PGRI Palembang (UPGRI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). (2022). Penulisan pedoman skripsi Tahun Akademik 2021/2022. Palembang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang.
Purnama, Y., & Sari, E. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, dan nilai pelanggan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada PO. Titiam Mas Cabang Bima. *Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis*, 4(2).
Romandoni, H. R., Maharani, S., Firdaus, T. C. M., & Septyawan, A. (2023). Analisis Bibliometrik: Games Computational Thinking dalam Pembelajaran. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 1(1), 20-28.
Tsalisa, R. A., Hadi, S. P., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi online Maxim di Kota Semarang. *Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis*, 11(4), 822-829.
Pradana, L., Sholikhah, O., Maharani, S., & Kholid, M. (2020). Virtual Mathematics Kits (VMK): Connecting Digital Media to Mathematical Literacy. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(3), 234–241.
Priyatno, D. (2018). *SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum*.
Septyawan, A., Soleh, D. R., & Ricahyono, S. (2023). Publication Trends in Indonesian Language Teaching: Focus on'Making Effective Sentences'(2014-2023). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 6782-6792.
Siahaan, E. Y. S., Muhammad, I., Dasari, D., & Maharani, S. (2023). Research on Critical Thinking of Pre-service Mathematics Education Teachers in Indonesia (2015-2023): A Bibliometric Review. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.29407/jmen.v9i1.19734
Susanti, F., & Edgina, D. (2021). Pengaruh pelayanan keluhan pelanggan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui ACPI PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Padang. *Indonesian Journal of Applied Accounting and Finance*, 1(1), 47-58.
Sugiyono, D. (2018). *Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D*. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agung Yudistira, Suhada Suhada, Adie Kurbani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.