Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Memakai Jasa Ojek Online Maxim di Wilayah Plaju Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41539Keywords:
Kualitas Layanan,Persepsi Harga,Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis bahwa kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online Maxim dipengaruhi oleh kualitas layanan dan persepsi harga di Palembang. Sampel penelitian ini terdiri dari seluruh pengguna jasa transportasi ojek online Maxim di Palembang yang pernah menggunakan jasa transportasi ojek online Maxim. Kriteria penelitian ini adalah kepuasan pelanggan yang pernah menggunakan jasa transportasi ojek online Maxim di Palembang. Besar sampel sebanyak 96 responden, dan Dalam penelitian ini, proporsional stratified random sampling digunakan sebagai metode pengambilan sampel. Metodologi pemeriksaan data menggunakan regresi linier berganda, penilaian korelasi, penilaian koefisien determinasi, uji t dan uji f termasuk program variasi SPSS 25 for Windows. Output koefisien korelasi menghasilkan nilai korelasi (r) sebesar 0,580 yang berada pada rentang 0,40 hingga 0,599. Hal ini menunjukkan bahwa Kepuasan Pelanggan (Y), Persepsi Harga (X2), dan Kualitas Layanan (X1) mempunyai hubungan yang kuat. Hasil jaminannya adalah R Squere (R2) dengan nilai 0,336 atau 33,6 persen. Hal ini menunjukkan bahwa nilainya. Persepsi Harga (X2) dan Kualitas Layanan (X1) memberikan kontribusi sebesar 0,33,6 persen terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak terlibat sebesar 36,4% (100%-33,6%). Nilai sebesar 0,05 terdapat pada hasil uji F hubungan antara variabel Kinerja Pengemudi (Y) dengan Persepsi Harga (X2) dan Kualitas layanan (X1). Sehingga cenderung Kualitas Layanan (X1) dan Persepsi Harga (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). terhadap pengguna jasa transportasi ojek online maxim di Palembang.References
Anisa, S. T., Mustofa, M. T. L., Al Umar, A. U. A., Fitria, D., Pradani, Y. S., & Inawati, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek Millenial Salatiga. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(1), 9-16.
Ariyandi, R., Dahmiri, D., & Sari, N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi Gojek di Kota Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(3), 131-140.
Candra, F., Ellitan, L., & Agrippina, Y. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Niat Beli Kembali Melalui Kepuasan Pelanggan Wizzmie di Surabaya. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(1), 218-237.
Harjati, L., & Venesia, Y. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada maskapai penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1), 36791.
Ilham, H. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Eden Kitchen Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).
Iqbal, M., Rachman, D., & Rodiah, S. (2021). Pengaruh Rencana Anggaran Dan Realisasi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (Apbd) Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Pada Badan Keuangan Dan Aset Daerah. Akurat| Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 12(2), 18-34.
Lukito, R. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Supra Gading Raya Money Changer Jakarta (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).
Maharani, S., Kholid, M. N., Pradana, L. N., & Nusantara, T. (2019). Problem Solving in the Context of Computational Thinking. Infinity Journal, 8(2), 109. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p109-116
Maharani, I. G. A. A., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Mina Cabang Dalung. Values, 3(1), 275-285.
Narti, N., Setiono, B. A., & Hardjono, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang KMP. Tongkol di Pelabuhan Ujung-Kamal PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Surabaya. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 10(2), 151-158.Volumr, 3(3).
Nurmala, L., Yusuf, A. S., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Pelayanan Driver Grab. Journal on Education, 5(2), 1950-1957.
Pradana, L., Sholikhah, O., Maharani, S., & Kholid, M. (2020). Virtual Mathematics Kits (VMK): Connecting Digital Media to Mathematical Literacy. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(3), 234–241.
Ramadhani, S. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Call Center BPD KALTIM Cabang Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Romandoni, H. R., Maharani, S., Firdaus, T. C. M., & Septyawan, A. (2023). Analisis Bibliometrik: Games Computational Thinking dalam Pembelajaran. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 1(1), 20-28.
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 127-146.
Septyawan, A., Soleh, D. R., & Ricahyono, S. (2023). Publication Trends in Indonesian Language Teaching: Focus on'Making Effective Sentences'(2014-2023). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 6782-6792.
Siahaan, E. Y. S., Muhammad, I., Dasari, D., & Maharani, S. (2023). Research on Critical Thinking of Pre-service Mathematics Education Teachers in Indonesia (2015-2023): A Bibliometric Review. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.29407/jmen.v9i1.19734
Siregar, L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Batam (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wiranata Loga, Suhada Suhada, M. Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.