PENGARUH EFISIENSI BIAYA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIE GACOAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40819Keywords:
Efisiensi Biaya Produksi, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan.Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh efisiensi biaya dan kualitas produk terhadap Kepuasan Konsumen. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan data primer melalui survei untuk mengumpulkan data. Responden dalam penelitian ini adalah para konsumen dari produk mie gacoan, dengan jumlah responden yang menjadi sampel adalah 51 orang responden. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling, sedangkan metode pengolahan data menggunakan metode Corrected Item to Total Correlation untuk uji validitas dan metode Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 13 instrumen pertanyaan terkait efisiensi biaya, kualitas produk, dan Kepuasan konsumen dinyatakan valid dengan persentase signifikan sebesar 0,05 atau 5% dan dinyatakan konsisten/ reliabel dengan Cronbach’s alpha sebesar 0,819 > 0,60. Sedangkan 5 pertanyaan lainnya dinyatakan tidak valid.References
Bella Bunga Sejagad, Mutiara Anisa Titian Trisna, & Syamsul Hidayat. (2024). Analisis Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 316–326. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i2.1290
Fatimah, F., & M, S. (2019). Efisiensi Biaya Produksi Sebagai Pengendalian Biaya Produksi Pada PDAM Kota Parepare. Economos : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 13. https://doi.org/10.31850/economos.v2i1.470
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240
Irawati, Z., & Setiawan, D. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Digital, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.517
Istiyono, W. A., & Rizal, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Restoran Mie Gacoan Cabang Semarang). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 2022–2395. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2174
Kurniawati, M. (2016). Studi Preferensi Penerapan Total Quality Management ( Tqm ) Bagi Efisiensi Biaya Produksi Di Pt Pabrik Gula Kebon Agung. Jurnal Parsimonia, 2(3), 68–81.
Musyrif Yusril Fahmi, A., Nawaratallah, A., & Qotrunnada, A. (2022). Analisis Pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Di Gerai Mie Gacoan Surabaya. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(12), 2927–2938. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.476
Rifantini, A., Rahman, A., Raya Telang, J., Kamal, K., Bangkalan, K., Timur, J., & Penulis, K. (2024). Analisis Aspek Teknis Dalam Restoran Cepat Saji Mie Gacoan Ambengan Surabaya Dalam Perspektif Studi Kelayakan Bisnis. Jma, 2(6), 3031–5220.
Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707
Sari, D. A. S. I., Habibah, N. N., Ardany, D., Aulia, Z. H., & Mahendra, I. G. . A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Mie Gacoan Wiyung Surabaya. MUFAKAT: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2). http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat
Sholikhah, A. F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan Di Bekasi Timur. Jurnal Economina, 2(2), 692–708. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.352
Wijayaningsih, R., Thoyibah, A. U., Febriansyah, D., Capritalim, M., Anggitasari, R., Aslamiyah, S., It’s, M. W. A., Berliana, Y., & Rohaedi, T. B. (2024). Penerapan Bisnis Plan pada Usaha Mie Gacoan. Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 5(11), 61–70.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alifah Sajidah, Retno Purwani Setyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.