PENGARUH EFISIENSI BIAYA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIE GACOAN

Authors

  • Alifah Sajidah Universitas Pelita Bangsa
  • Retno Purwani Setyaningrum Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40819

Keywords:

Efisiensi Biaya Produksi, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan.

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh efisiensi biaya dan kualitas produk terhadap Kepuasan Konsumen. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan data primer melalui survei untuk mengumpulkan data. Responden dalam penelitian ini adalah para konsumen dari produk mie gacoan, dengan jumlah responden yang menjadi sampel adalah 51 orang responden. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling, sedangkan metode pengolahan data menggunakan metode Corrected Item to Total Correlation untuk uji validitas dan metode Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 13 instrumen pertanyaan terkait efisiensi biaya, kualitas produk, dan Kepuasan konsumen dinyatakan valid dengan persentase signifikan sebesar 0,05 atau 5% dan dinyatakan konsisten/ reliabel dengan Cronbach’s alpha sebesar 0,819  > 0,60. Sedangkan 5 pertanyaan lainnya dinyatakan tidak valid.

References

Bella Bunga Sejagad, Mutiara Anisa Titian Trisna, & Syamsul Hidayat. (2024). Analisis Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 316–326. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i2.1290

Fatimah, F., & M, S. (2019). Efisiensi Biaya Produksi Sebagai Pengendalian Biaya Produksi Pada PDAM Kota Parepare. Economos : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 13. https://doi.org/10.31850/economos.v2i1.470

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240

Irawati, Z., & Setiawan, D. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Digital, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.517

Istiyono, W. A., & Rizal, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Restoran Mie Gacoan Cabang Semarang). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 2022–2395. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2174

Kurniawati, M. (2016). Studi Preferensi Penerapan Total Quality Management ( Tqm ) Bagi Efisiensi Biaya Produksi Di Pt Pabrik Gula Kebon Agung. Jurnal Parsimonia, 2(3), 68–81.

Musyrif Yusril Fahmi, A., Nawaratallah, A., & Qotrunnada, A. (2022). Analisis Pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Di Gerai Mie Gacoan Surabaya. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(12), 2927–2938. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.476

Rifantini, A., Rahman, A., Raya Telang, J., Kamal, K., Bangkalan, K., Timur, J., & Penulis, K. (2024). Analisis Aspek Teknis Dalam Restoran Cepat Saji Mie Gacoan Ambengan Surabaya Dalam Perspektif Studi Kelayakan Bisnis. Jma, 2(6), 3031–5220.

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Sari, D. A. S. I., Habibah, N. N., Ardany, D., Aulia, Z. H., & Mahendra, I. G. . A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Mie Gacoan Wiyung Surabaya. MUFAKAT: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2). http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat

Sholikhah, A. F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan Di Bekasi Timur. Jurnal Economina, 2(2), 692–708. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.352

Wijayaningsih, R., Thoyibah, A. U., Febriansyah, D., Capritalim, M., Anggitasari, R., Aslamiyah, S., It’s, M. W. A., Berliana, Y., & Rohaedi, T. B. (2024). Penerapan Bisnis Plan pada Usaha Mie Gacoan. Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 5(11), 61–70.

Additional Files

Published

2025-01-03

How to Cite

Sajidah, A., & Setyaningrum, R. P. (2025). PENGARUH EFISIENSI BIAYA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIE GACOAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 11–17. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40819

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.