PROFIL KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD HARAPAN DAN DOA KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42463Keywords:
Kepuasan, Pelayana, Rumah SakitAbstract
Kualitas pelayanan kesehatan merujuk pada pelayanan yang dapat menghasilkan kepuasan bagi pasien. Kepuasan pasien menjadi masalah penting bagi penyedia layanan kesehatan. Pada dasarnya, kepuasan pasien berarti memenuhi ekspektasi mereka dan memahami kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Harapan dan Doa Kota Bengkulu. Penelitian dilaksanakan di Apotek Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Harapan dan Doa Kota Bengkulu pada bulan Mei hingga Juni 2024, menggunakan metode penyebaran kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Accidental Sampling, di mana sampel dipilih secara acak berdasarkan pasien yang kebetulan bertemu peneliti dan dianggap memenuhi kriteria sebagai sumber informasi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 100 responden, tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di IGD didapatkan sebagai berikut: pada aspek reability, nilai rata-rata adalah 84,4%, yang termasuk dalam kategori sangat puas; pada aspek responsiveness, nilai rata-rata 84,33%, juga dalam kategori sangat puas; pada aspek confidence, nilai rata-rata mencapai 85,86%, masuk dalam kategori sangat puas; pada aspek empathy, nilai rata-rata 84,93%, yang juga sangat puas; dan pada aspek tangible, nilai rata-rata 87,4%, yang menunjukkan kategori sangat puas. Rata-rata keseluruhan dari lima aspek tersebut adalah 85,38%, dengan kategori sangat puas.References
Anggraini, N., Hardini, T & Haque, A. F. (2022). Profil Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Swamedikasi Di Apotek Padang Guci 2 Kota Bengkulu.
Anonim. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28.
Anonim. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan. 086146.
Chusna, N., Fetriana, T., Adawiyah, R., Palangkaraya, U. M., Raya, P., Kefarmasian, P., & Pahandut, P. (2018). Puskesmas Pahandut Kota Palangka Raya Level of Patient Satisfaction on Pharmaceutical Services in Community Health Centers of Pahandut Palangka Raya. Department of Pharmacy, Faculty of Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Palangka Raya, Indonesia, 2016–2019.
Effendi, K. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 82–90.
Ilhami, S., Nuri, H., & Suyanto, R. (2015). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Pkk Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Jom FK, 2(2), 1–15.
Lestari, W. P., Sunarto, S., & Kuntari, T. (2013). Analisa Faktor Penentu Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Bantul. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 21–37.
Mahendro, U. J., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 86–93.
Muhammad, D., Almasyhuri, A., & Setiani, L. A. (2020). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 174–186.
Permenkes RI No. 72 Tahun 2016. (n.d.). Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Puspita. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi Rawat Jalan Instalasi Gawat Darurat (Igd) Di Rumah Sakit Umum (Rsu) Ummi Bengkulu. 81, 2–5.
Rezkya, P., & Akib, N. I. (2019). Evaluasi Mutu Pelayanan Di Apotek Komunitas Kota Kendari Berdasarkan Standar Pelayanan Kefarmasian. Jurnal Farmasi Dan Ilmu Kefarmasian Indonesia, 1(2), 30–35.
Rikomah, S. E. (2017). Tentang Farmasi Rumah Sakit. Deepublish.
Rizal, A., & Jalpi, A. (2018). Analisis Faktor Internal Penentu Kepuasan Pasien Puskesmas Kota Banjarmasin. Al Ulum: Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(1), 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tika Hardini, Dewi Winni Fauziah , Ijzati Alfitroh, Eka Putri Wiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.