PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD N TUGU JEBRES, SURAKARTA TAHUN 2023-2024

Authors

  • Dewi Sayyidatul Nur Hasanah Universitas Slamet Riyadi
  • Sri Handayani Universitas Slamet Riyadi
  • Oka Irmade Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34757

Keywords:

Media Pembelajaran, Media Pop Up Book, Media Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model tematik terpadu yang independen dan berkualitas tinggi dengan fokus pada pembelajaran tematik yang belum dioptimalkan dalam Kurikulum Merdeka. Selain itu, mereka juga ingin mengetahui seberapa efektif model ini untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan pembelajaran siswa sekolah dasar yang sesuai dengan era modern. Desain penelitian dan pengembangan (R&D) digunakan untuk melakukan penelitian ini, yang terdiri dari tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Mereka yang terlibat dalam validasi model adalah praktisi dan akademisi. Untuk menguji efektivitas model, kegiatan eksperimental dilakukan menggunakan One Group Desain Pretest-Posttest. Hasil validasi model menunjukkan bahwa komponen pembelajaran tematik terpadu valid dengan persentase 86,70% dan 90,20%. Selain itu, uji penguasaan materi (kognitif) menerima hasil 0,50, yang menunjukkan kategori sedang. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tematik meningkatkan hasil belajar secara signifikan.

References

Agung, I. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Ananda, D. P., Afiati, E., & Nurmala, M. D. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 8(2), 42-43. doi:https://doi.org/10.52657/jfk.v8i2.1708

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Cecep, H., Widiyastuti, A., Subakti, H., Hasibuan, F. A., Sartika, S. H., Ardiana, D. P., . . . Simarmata, J. (2021). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Kita Menulis.

Dewantari, A. A. (2014). Desain Grafis Indonesia. Retrieved from dgi.or.id: https://dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-pop-up-lift-the-flap-dan-movable-book.html

Dewantari, A. A. (2015). Strategi Kreatif Buku Pop-Up Sebagai Medium Komunikasi Visual. Skripsi: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Diniaty, A. (2017). Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 3(1), 95-97. doi:10.15548/atj.v3i1.592

Dishinta, D. D. (2020). Efektifitas Penggunaan Whatsapp Sebagai Media Belajar Kelas II SD Islam An Nizomiyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Gani, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat dan Bakat Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 337-343. doi:https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1700

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Newbury Park: Sage Publications.

Mesra, P., Kuntarto, E., & Han, F. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 177-183. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.5037881

Moleong, L. J. (1989). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remadja Karya.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Nasional, D. P. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Poerbakawatja, Soeganda, & Harahap. (2012). Ensiklopedia Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 91-92. doi:https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Safari, A. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, W. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 2255-2257. doi:10.47492/jip.v1i11.472

Setianti, F., Wiguna, A., & Setiawan, W. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Anak. Jurnal Paedagogie, 5(2), 113-114.

Setiawan, U., Malik, H. S., Megawati, I., Wulandari, D., Nurjaman, D., Nurhasanah, T., . . . Maldini, C. (2022). Media Pembelajaran (Cara Belajar Aktif: Guru Bahagia Mengajar Siswa Senang Belajar). Bandung: Widina Bakti Persada Bandung.

Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Solichah,Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan Di Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9).

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sudjana, N. (1991). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Balai Pustaka.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujanto, A. (2013). Psikologi Umum. Jakarta: Aksara Baru.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 44-46. doi:https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48

Suryani, I., Destiniar, & Sunedi. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Bangun Datar Dikelas IV SD. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains (JEMS), 11(1). doi:http://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14609

Syah, D. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.

Triana, S., & Crestiani M, J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang di SDN 54 Salupikung. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 127-135. doi:https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.2496

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wati, A. K., & Muhsin. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 800-802. doi:https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31517

Widayati, E. W. (2022). Pembelajaran Matematika di Era “Merdeka Belajar”, Suatu Tantangan bagi Guru Matematika. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(1), 01-10. doi:https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.770

Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 1-7. doi:https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Hasanah, D. S. N. ., Handayani, S. ., & Irmade, O. . (2024). PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD N TUGU JEBRES, SURAKARTA TAHUN 2023-2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14642–14650. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34757