PENGGUNAAN LAGU DALAM ALBUM LOUANE SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN PELAFALAN BAHASA PERANCIS TINGKAT A1

Authors

  • Daffy Muhammad Ilham Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yuliarti Mutiarsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iis Sopiawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40551

Keywords:

Media Pembelajaran Alternatif, Pelafalan, Lagu, Louane

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah kajian mengenai analisis media pembelajaran alternatif untuk pelafalan bahasa Prancis tingkat A1 yang menggunakan lagu dalam sebuah album penyanyi bernama Louane. Penelitian ini dilakukan untuk menambah variasi metode atau media pembelajaran pelafalan bahasa Prancis dan mengeksplorasi efektivitas lagu dalam pembelajaran pelafalan bahasa Prancis. Penelitian ini membahas isi dari lagu-lagu yang terdapat dalam album Louane, lalu beberapa lirik dari berbagai lagu Louane pun dianalisis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, khususnya analisis isi. Hasi penelitian menunjukkan bahwa dari sekian banyak sistem bunyi bahasa Prancis yang ada, terdapat beberapa sistem bunyi bahasa Prancis yang dapat ditemukan pada lagu-lagu Louane yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Lalu hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lagu merupakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa asing khususnya pelafalan bahasa Prancis.

References

Sari, E. M., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2016). Meningkatkan kemampuan berbicara melalui lirik lagu. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 36-41.

Sudaryana, Bambang., Ricky Agusiady. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20-31.

Echolles, J. M. (1982). Dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Pt.

Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Sugiono, (2013) , Instrumen Penelitian , Metode Penelitian

Purwanto, S. (2019). Penanaman Nilai Karakter pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Musik dan Lagu Model. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 1-15.

Siahaan,Listia Nadya., Theodorra D, Meila T. (2022). Prosiding Seminar Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar "Pendidik HITS (Humanis, Informatif, Transformatif dan Sinergis) Penggerak Merdeka Belajar". Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Djarwanto. (1994). Pokok-Pokok Metode Riset dan Bimbingan Teknis Penulisan Skripsi. Yogyakarta: Liberty.

Imron, I. (2019). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19-28.

Soeprapto Rakhmat,dkk. (2015). PEMBELAJARAN PELAFALAN BAHASA PERANCIS MELALUI

MODEL ARTIKULATORIS PENGEMBANGAN (MAP) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF

Weber, R. P. (1990). Basic Content Analysis (2nd ed.). Sage Publications.

Halliday, M. A. K. (1967). Notes on Transitivity and Theme in English Part 2. Journal of Linguistics.

Nattiez, J.-J. (1990). Music and Discourse: Toward a Semiology of Music. Princeton University Press.

Mutiarsih, Y., & Rachmadhany, A. (2024). Pelafalan Bahasa Perancis: Teori dan Praktik. Penerbit XYZ.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Gagne, R. M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Roach, P. (2009). English Phonetics and Phonology: A Practical Course. Cambridge University Press.

Wells, J. C. (2006). English Intonation: An Introduction. Cambridge University Press.

Kenworthy, J. (1987). Teaching English Pronunciation. Longman.

Crystal, D. (2008). A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Blackwell Publishing.

Abercrombie, D. (1967). Elements of General Phonetics. Edinburgh University Press.

Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D. (2002). The Primary English Teacher’s Guide. London: Penguin Books.

Downloads

Published

2025-01-16

How to Cite

Ilham , D. M., Mutiarsih, Y., & Sopiawati, I. (2025). PENGGUNAAN LAGU DALAM ALBUM LOUANE SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN PELAFALAN BAHASA PERANCIS TINGKAT A1. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 1202–1206. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40551

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.