PENGEMBANGAN E-BOOK PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH KERAJAAN HINDU CANDI TEGOWANGI KEDIRI UNTUK KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43540Keywords:
ADDIE, E-Book,IPS,Peninggalan Kerajaan Hindu Candi TegowangiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di SDN Gayam 3 Kota Kediri diketahui bahwa pada mata pelajaran IPS belum menggunakan media pembelajaran, hanya saja menggunakan metode ceramah saja yang mengakibatkan respon siswa yang kurang dalam proses belajar mengajar berlangsung karena kurang mengikutsertakan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga proses belajar dikelas terasa membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah E-Book dan untuk mengetahui kelayakan dan kemanfaatan E-Book dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development). Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluation). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi ahli materi dan media setelah dihitung ditemukan hasil rata – rata menunjukkan nilai 89% yang terletak berdasarkan tabel kriteria validitas pada skor 81%-100% yang artinya E-Book yang dikembangkan pada materi peninggalan sejarah kerajaan hindu candi tegowangi sangat valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil. (2) Hasil angket respon guru memperoleh nilai 100% yang termasuk kriteria sangat praktis dan hasil dari respon siswa diperoleh data dari 27 siswa mencapai 88% yang artinya E-Book dapat digunakan dengan sangat efektif. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-Book yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan untuk kelas IV SD pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah kerajaan hindu candi tegowangi.References
Ebied, M. M. A. dan S. A. A. Rahman. (2015). The Effect of Interactive E book on Students Achievement at Najran University in Computer in Education Course. Journal of Education and Practice, 6(19): 71-82
Harijanto, Mohammad.(2012). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajar Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Vol.2.No.1 Maret 2007:2016-226
Riduwan. 2010. Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supriyono. (2018). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAHULUAN Berbicara soal kualitas pendidikan , tidak dapat dilepaskan dari proses pembelajaran di ruang kelas . Pembelajaran di ruang kelas mencakup dua aspek penting yakni guru dan siswa . Guru mempunyai. Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48.
Susanto, A. (2014). Pengembangan pembelajaran IPS disekolah dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mar’atus Sa’diyah, Sutrisno Sahari, Karimatus Saidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.