PENGGUNAAN MEDIA CHANNEL YOUTUBE “KELAS PERANCIS” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS TINGKAT A1

Authors

  • Febryan Faharrashid Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yuliarti Mutiarsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iis Sopiawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41137

Keywords:

Action Learning, Channel Youtube, Keterampilan Berbicara, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tahap-tahap pemanfaatan media channel YouTube Kelas Prancis dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis tingkat A1, (2) perkembangan kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan channel tersebut, serta (3) kelebihan dan kekurangan media ini ketika diterapkan bersama teknik pengajaran action learning. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pre-test and post-test, melibatkan 30 siswa kelas 12 pada tahun ajaran 2023/2024 sebagai subjek penelitian. Pada tahap pelaksanaan, media disiapkan melalui seleksi video ajar yang relevan dan pengunduhan menggunakan situs YtMp4 melalui aplikasi Chrome atau Google. Pengumpulan data dilakukan melalui tes awal (pre-test), tes akhir (post-test), dan angket. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata, dari 57,27 pada pre-test (total skor 1718) menjadi 69,01 pada post-test (total skor 2072), meskipun hasil tersebut belum mencapai kategori “cukup” menurut kriteria penilaian. Berdasarkan data angket, mayoritas siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media ini karena mampu meningkatkan antusiasme belajar, menyajikan materi dengan menarik, dan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menyenangkan, serta mudah dipahami. Penelitian ini mengindikasikan bahwa integrasi media pembelajaran digital seperti YouTube dengan teknik mengajar action learning dapat secara signifikan mendukung pengembangan keterampilan berbicara bahasa Prancis siswa tingkat dasar.

References

Andhini, A. B., Gumilar, D., & Sopiawati, I. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kemampuan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Tingkat A1. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 147-157.

Ardiyanti, A., Bandu, I., & Usman, M. (2018). Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis dengan Media Flashcard (Studi Kasus pada Mahasiswa Sastra Prancis). Jurnal Ilmu Budaya.

Defays, J. M. (2018). Enseigner le français langue étrangère et seconde: approche humaniste de la didactique des langues et des cultures. Mardaga.

Hayati, M., Rahimia, R. F., & Akhlak, F. K. (2021). Pemanfaatan Youtube Channel Cocomelon Sebagai Media Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE).

Hermawan, A., & Waluyo, B. (2019). Pelatihan Keterampilan Berbicara untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara di depan Umum pada Himpunan Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Tahun 2019. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual.

Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan.

Kurnia, R., & Halidjah, S. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK).

Nasution, R. D. (2010). Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jurnal Bahasa.

Nuraisyah, P. (2021). Penggunaan media flash card dalam pembelajaran kosakata bahasa Prancis siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandar lampung. Bandar Lampung.

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi gadget sebagai media pembelajaran: Utilization of gadget technology as a learning media. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi.

Rakhmat, S., Mutiarsih, Y., & Darmawangsa, D. (2015). Pembelajaran pelafalan bahasa Perancis melalui model artikulatoris pengembangan (Map) berbasis multimedia interaktif. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 92-105.

Rasman R. (2021). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris pada Masa Pandemi Covid 19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi.

Rao, (2019). Alford Council of International English & Literature Journal (ACIELJ).

Sanjaya, H. W. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Prenada Media.

Widyantara & Rasna (2020). Penggunaan media youtube sebelum dan saat pandemi covid-19 dalam pembelajaran keterampilan berbahasa peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran bahasa Indonesia.

Youtube Kelas Prancis. Diperoleh dari Https://www.youtube.com/@kelasprancis8497

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Faharrashid, F., Mutiarsih, Y., & Sopiawati, I. (2025). PENGGUNAAN MEDIA CHANNEL YOUTUBE “KELAS PERANCIS” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS TINGKAT A1 . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 499–510. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41137

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.