ANALISIS KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS AKADEMIK MAHASISWA SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN DALAM MEMAHAMI TEKS AKADEMIK

Authors

  • Firda Harlidayana Universitas Negeri Medan
  • Zara Mahfuza Tiara Akmal Universitas Negeri Medan
  • Lilis Adelika Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Vika Laura Septiana Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Nurzakia Khoironi Siregar Universitas Negeri Medan
  • Margareta Sitorus Universitas Negeri Medan
  • Nadrah Amalia Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43855

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Literasi, Apresiasi Sastra, Era Digital, Teknologi Pendidikan.

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan yang signifikan terhadap dunia pendidikan, termasuk pembelajaran sastra Inggris. Media pembelajaran interaktif adalah solusi yang inovatif untuk memperbaiki literasi dan apresiasi sastra pada zaman digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif serta mengkaji efektivitasnya dalam memperbaiki kemampuan mahasiswa Sastra Inggris dalam memahami dan mengapresiasi karya sastra. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Negeri Medan. Media interaktif dirancang melalui berbagai aplikasi digital, seperti Schoology, yang menyatukan elemen multimedia berupa teks, suara, gambar, dan kuis untuk mendesain pengalaman belajar yang menarik dan partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif dapat meningkatkan minat mahasiswa terhadap sastra, memperkaya pemahaman mereka melalui diskusi daring, serta memperkuat keterampilan menulis dan membaca kritis. Meskipun demikian, hambatan seperti keterbatasan teknologi dan tidak adanya pelatihan teknis masih tetap menjadi masalah. Sehingga, disarankan adanya pelatihan penggunaan teknologi bagi mahasiswa dan dosen dan pengembangan media pembelajaran yang ramah pengguna. Dengan demikian, integrasi teknologi dalam pembelajaran sastra diharapkan dapat membentuk proses belajar yang lebih efektif dan bermakna..

References

Amalia, N. (2020). The Interactive Multimedia Innovation Assisted by Flash Player. IC2LC Proceeding International Conference on Culture, Language and Literature, 409-415.

Amalia, N. (2021). Aplikasi Flash Player Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Reader. Jurnal EduTech, 7(2), 182-189.

Yuhdi, A., & Amalia, N. (2019). Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan Portal Schoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Abstrak.

Gilster, P. (1997). Digital Literacy. Wiley Computer Publishing.

Greenhow, C., & Lewin, C.(2016). "Social media and education: Reconceptualizing the boundaries of formal and informal learning." Learning, Media and Technology, 41(1), 6-30.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. Wiley.

Gee, J. P. (2007). What Video Games Have to Teach Us About Learning and Literacy. Palgrave Macmillan.

Dalgarno, B., & Lee, M. J. W.(2010). "What are the learning affordances of 3-D virtual environments?" British Journal of Educational Technology, 41(1), 10-32.

Kress, G., & Van Leeuwen, T. (2001). Multimodal Discourse: The Modes and Media of Contemporary Communication. Oxford University Press.

O'Brien, D., & Scharber, C.(2008). "Digital Literacies Go to School: Potholes and Possibilities." Journal of Adolescent & Adult Literacy, 52(1), 66-68.

Koehler, M. J., & Mishra, P (2009). "What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?" Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60-70.

Laurillard, D. (2012). Teaching as a Design Science: Building Pedagogical Patterns for Learning and Technology. Routledge.

Heinze, A. (2008). "Blended Learning: An Interpretive Action Research Study." International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 5(2), 1-12.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Sarah, R., & Handaru Jati, R. (2015). "Blended Learning in Higher Education: Challenges and Opportunities." Indonesian Journal of Applied Linguistics, 5(2), 128-136.

Hyland, K. (2006). English for Academic Purposes: An Advanced Resource Book. Routledge.

Grabe, W., & Stoller, F. L. (2013). Teaching and Researching Reading (2nd ed.). Routledge.

Bailey, S.* (2011). Academic Writing: A Handbook for International

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Harlidayana, F., Akmal, Z. M. T., Simanjuntak, L. A., Sihombing, V. L. S., Siregar, N. K., Sitorus, M., & Amalia, N. (2025). ANALISIS KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS AKADEMIK MAHASISWA SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN DALAM MEMAHAMI TEKS AKADEMIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3613–3618. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43855

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.