PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE DISKUSI DI KELAS IV SDN BESKALAN SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34012Keywords:
Metode Diskusi, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanAbstract
Tujuan Penelitian adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia menggunakan metode diskusi di kelas IV SDN Beskalan Surakarta. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat peserta didik yang mendapatkan hasil belajar dibawah KKM yaitu 75. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam memahami materi mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia yang diajarkan sehingga peserta didik merasa bingung dan tidak tertarik pada pembelajaran yang berakibat menurunnya hasil belajar. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes dan non tes. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi persentase peserta didik tuntas pada pra-siklus = 22 %, siklus I = 57 %, siklus II = 87 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode diskusi pada peserta didik kelas IV SDN Beskalan Surakarta terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Downloads
Published
2024-09-04
How to Cite
Handayani, S. ., Utomo, A. C. ., & Undari, T. . (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE DISKUSI DI KELAS IV SDN BESKALAN SURAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12214–12221. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34012
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Sri Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.