PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 02 MALANGJIWAN

Authors

  • Syafitri Nur Indah Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lina Agustina Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budiani Sholihah SDN 02 Malangjiwan
  • Siska Putri Setyaningrum SDN 02 Malangjiwan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34662

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Abstract

Fenomena dari permasalahan yang peneliti ambil adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan Pancasila kelas IV SD N 02 malangjiwan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem based learning pada pendidikan Pancasila materi sikap dan perilaku yang mencerminkan pengalaman Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat di SD N 02 Malangjiwan tahun 2023/2024. Penelitian ini melakukan kegiatan secara dua siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan juga refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest dengan pilihan ganda sebanyak 10 soal dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang belum mencapai KKM pada siklus pertama terdapat 66,7% kemudian siklus 2 menunjukkan 86,67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL mampu meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa

References

Aeni, K. (2020). Metode Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar (Studi Kasus Di SDIT Bias Assalam Kota Tegal). Jurnal Persada, 3(3), 147–152.

Alfiyana, F. M., & Dewi, D. A. (2021). Manfaat Pendidikan Kewarganegaraan Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 303–305. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1426

Amiruddin, A., Fadillah, N., Yasir, M., Nurhalizah, S., & ... (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pelajaran PKn Kelas IV SD 016540 Asahan Mati. Jurnal Pendidikan …, 6, 12077–12084. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4374%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4374/3650

Dahlan Adnan. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.36312/teacher.v1i2.125

Hasanah, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Elektrolisis. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(2), 218. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30313

Isradini, N., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Model penguatan pendidkan karakter

peserta didik sekolah dasar. Jurnal Persada, III (3), 176–181

Kusumawati, indah tri, Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Literatur Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penerapan Model PBL dalam Pendekatan Teori Konstruktivisme. MathEdu, 5(1), 13–18. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/3415

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains STITPN, 2, 97–104. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/download/995/689#:~:text=Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah,mengkaji dan akan menguasai imu

Michael Tamboch. (2021). Variasi Penilaian dan Model Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar . https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/09/Michael-Tamboch. Universitas-Negeri-Medan.pdf

Novia, N. A., Radya Nasyawa, Susilo Tri Widodo, & Junianto. (2023). Penerapan Problem Based Learning Guna Meningkatkan Kecakapan Berpikir Kritis Bagi Siswa dalam Pembelajaran PKn SD. Jurnal Basicedu, 7(6), 3923–3930. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6428

Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 5(1), 37–41. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006057

OKTAVIANI, W. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri 1 Cirahab. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(4), 300–307. https://doi.org/10.51878/elementary.v2i4.1747

Prasetyo, T. (2019). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VI SDN GENDONGAN 02. Cahaya Pendidikan, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.33373/chypend.v5i2.1993

Rahmadana, J., Khawani, A., & Roza, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 224–230. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4278

Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.74

Sihotang, H. (2020). Peningkatan profesionalitas guru di era revolusi industri 4.0 dengan character building dan higher order thinking skills. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(1), 68–78. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i1

Widodo, T. H., Rokhmaniyah, & Arifin, M. H. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM melalui Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PKn di SDN 1 Kuwayuhan Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3483–3489.

Yulianti, E., & Astimar, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 352. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.10457

Downloads

Published

2024-09-16

How to Cite

Sari, S. N. I. ., Agustina, L. ., Sholihah, B. ., & Setyaningrum, S. P. . (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 02 MALANGJIWAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13419–13424. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34662