PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 SD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA

Authors

  • Anggun Ella Indriyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lina Agustina Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budiani Sholihah SDN 02 Malangjiwan
  • Siska Putri Setyaningrum SDN 02 Malangjiwan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34454

Keywords:

Hasil Belajar, Perkalian, Jarimatika

Abstract

Pendidikan dasar memainkan peran dalam membentuk fondasi akademik dan karakter peserta didik, yang utama dalam mata pelajaran matematika yang vital bagi perkembangan logis dan analitis. Namun, matematika sering menjadi tantangan bagi siswa kelas 2 SD, terutama dalam memahami konsep perkalian. Motode Jarimatika, yang menggnakan jari tangan sebagai alat, solusi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan matematika siswa. Metode ini dinilai efektif dan mudah dipahami oleh anak-anak, sehingga dapat membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 2 SD setelah menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Malangjiwan, Kecamatan Malangjiwan, kabupaten Karanganyar, dengan subjek penelitian siswa kelas II sebanyak 24 siswa. Peneltian ini menggunakan motode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang disusun dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan reflekssi. Teknik pengumpulan dataa dilakukan melalui observasii, tes, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menuunjukkan bahwa metodee Jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar dalam operasi hitung perkalian dengan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 57,5 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 79,2.

Downloads

Published

2024-09-12

How to Cite

Indriyani, A. E., Agustina, L. ., Sholihah, B. ., & Setyaningrum, S. P. . (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 SD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13160–13165. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34454