PEMANFAATAN TEKNOLOGI DESAIN PRODUK PROTOTYPE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD N 2 MALANGJIWAN

Authors

  • Singgih Prasetyo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lina Agustina Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budiani Sholihah SDN 02 Malangjiwan
  • Siska Putri Setyaningrum SDN 02 Malangjiwan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34661

Keywords:

Teknologi Desain Produk Prototype, Capaian Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran dengan media teknologi desain produk prototype dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Malangjiwan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 2 Malangjiwan yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kualitatif. Penerapan media teknologi desain produk prototype dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 2 Malangjiwan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang dianalisis dari nilai ulangan harian pada setiap pertemuan di setiap siklus dan juga hasil post-test setiap siklus. Hasil post-test siklus I sebesar 77,70 dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 99,40. Maka dapat disimpulkan bahwa teknologi desain produk prototipe dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 2 Malangjiwan.

References

Adawiyah, A., Hasanah, A., & Munsi, M. F. 2019. Literasi Visual Melalui Teknologi Canva: Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa. Proceeding 3rd Connects 2019Education Transformation in Facing Indsutrial Revolution 4.0, 6(1), 183–187.

Adi, M. S. 2020. Membuat desain cantik dengan mudah & cepat menggunakan Canva. Jakarta: Marsudi Suwarna Adi

Arikunto,S. Suhardjono & Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Awaliah, L. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika. In Prosiding Galuh Mathematics National Conference (GAMMA NC).

Djuandi, F. 2011. Pengenalan arduino. E-book. www. tobuku, 24.

Elfanani, B. 2012. Panduan Menulis Karya Ilmiah Pengembangan Profesi Guru Untuk Keanaikan Pangkat. Yogyakarta: Araska.

Fikriyya, A., & Dirgahayu, R. T. 2020. Implementasi Prototyping dalam Perancangan Sistem Informasi Pendar Foundation Yogyakarta. AUTOMATA, 1(2)

Hadi. S. 2017. Pendidikan Matematika Realistik: teori, pengembangan & implementasinya. Jakarta : Rajawali Pres.

Hamzah, S. 2013. Pendidikan lingkungan. Bandung: Refika Aditama.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.

Haryati, S. 2012. Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

Hidayat, M., Suhardi, S., Muhamad, M., Murtikusuma, M., & Pratama, R. 2023. Mahir menggunakan Canva bagi pemula. Lombok Tengah: Penerbit P4I.

Hidayatullah, A., Artharina, F., Sumarno., & Rumiarci, Endang. 2023. Penggunaan Aplikasi Canva pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio. 9(2). 943-947

Nurrita, T. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171- 210.

Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta : Departemen Pendidikan Naional..

Pratiwi, S. P. U. 2021. Mudah belajar desain grafis dengan aplikasi Canva. Bantul: DIVA PRESS.

Rahmila,R.,Iriani,R.,Kusasi,M.,&Leny.2022. Pengembangan Media Poster Melalui Aplikasi Canva Bermuatan Etnosains Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 188-201.

Siswoyo, dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Susanti, Yuliana. 2020. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di SD dalam meningkatkan Pemahaman. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(3), 435-448

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Downloads

Published

2024-09-16

How to Cite

Prasetyo, S. ., Agustina, L. ., Sholihah, B. ., & Setyaningrum, S. P. . (2024). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DESAIN PRODUK PROTOTYPE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD N 2 MALANGJIWAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 134012–13418. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34661