PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN TARL DENGAN MODEL PBL KELAS X UPT SMA NEGERI 1 GOWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.37643Keywords:
Learning Outcomes, Mathematics, Teaching At The Right Level Approach, Problem Based Learning ModelAbstract
Kurikulum merdeka menekankan pada kebebasan dalam belajar sesuai dengan potensinya. Hal tersebut mengakibatkan guru kesulitan dalam memberikan pembelajaran sesuai dengan kemampuan peserta didik yang beragam. Selain itu dalam pembelajaran matematika masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam memahami perkalian berulang. Untuk itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan Pendekatan TaRL dengan Model PBL pada pembelajaran matematika kelas X.3 di UPT SMA Negeri 1 Gowa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian menggunakan peserta didik kelas X.3 UPT SMA Negeri 1 Gowa dengan jumlah peserta didik 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam kajian ini adalah observasi dan tes. Bentuk analisis informasi yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Dari hasil evaluasi pra siklus didapatkan rata-rata nilai 53 dimana 6 peserta didik 16,66% dari keseluruhan sudah tuntas dalam belajar. Pada siklus I didapatkan rata-rata nilai peserta didik sebesar 77 dengan 24 peserta didik atau berkisar 66,66% peserta didik sudah mencapai ketuntasan hasil belajar. Selain itu pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 81 dimana 31 siswa atau 86,11% siswa telah tuntas dalam belajar. Mengingat ketetapan indikator keberhasilan, tingkat pemenuhan hasil belajar siswa khususnya 85% peserta didik telah mencapai nilai pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dinyatakan berhasilReferences
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.
Ahyar, dkk. (2022) Impplementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). 5(11)5241-5246
Erna, L., Nursiwi, N., & Ira, B.Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 620-627.
Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 180-189.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151-164.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44-48.
Isma, T. W., Putra R., Wicaksana, T. I., Tasrif, EL., & Huda A. 2022. Pelningkatan Hasil Bellajar Siswa mellalui Problelm Baseld Lelarning (PBL). Jurnal Ilmiah Pelndidikan dan Pelmbellajaran. 6(1): 155-164.
Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementation Implementation of the TaRL Approach to Increase Student Learning Motivation in Physics Learning: Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94-99.
Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 195-207.
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 165-179.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Nuarta, I.N. 2020. Melningkatkan Prelstasi Bellajar Bahasa Inggris mellalui Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning. Jurnal Pelndidikan Fisika Indonelsia (Indonelsian Journal of Phylsics ELducation). 5(1):37-41.
Peto, J. 2022. Melalui Model Teaching at the Right Lelvel (TaRL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Penguatan Karakter dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris KD. 3.4/4.4 Materi Narrative Text di Kelas X. IPK 3 MAN 2 Kota Payakumbuh Semester. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2): 12419-12433.
Pratidiana, D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Matematika UNMA Banten. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 11-20.
Putri, A. H., Nizaruddin, Lilik, A., & Dhoni K. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Pada Model PBL Terintegrasi TaRL Berbantuan LiveWorksheet. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 39455-39461.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.
Yayan, S., Sumarni, Mohamad, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Sigma, 13(2), 129-142.
Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. IRDH Book Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurfadila Ainun, Takdirmin Takdirmin, Harmija Harmija
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.