PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO DAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Authors

  • Pramesti Regita Nur Septi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lina Agustina Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budiani Sholihah SDN 02 Malangjiwan
  • Siska Putri Setyaningrum SDN 02 Malangjiwan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34759

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil penilaian terhadap kemampuan siswa yang ditentukanberupa angka-angka setelah menjalani proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran dan powerpoint interaktif pada materi gotong royong kelas V SD N 02 Malangjiwan. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 02 Malangjiwan semester 2 tahun 2023/2024. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi Gotong Royong. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Malangjiwan yang berjumlah 26 siswa. Strategi dalam penelitian ini menggunakan model siklus. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus melalui tahapan untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah melaksanakan siklus I dan siklus II, pada siklus I hasil belajar siswa berupa posttest rata-rata sebesar 80 dan pada siklus II meningkat menjadi 92. Dengan Dengan bantuan video pembelajaran dan Powerpoint interaktif yang diberikan kepada siswa, siswa lebih semangat dalam belajar karena video dapat diputar berulang kali. Dan dengan menggunakan powerpoint interaktif, siswa menjadi fokus dan tertarik dengan materi yang disampaikan guru. Selanjutnya diharapkan guru dapat menerapkan pembelajaran menggunakan video interaktif dan powerpoint pada materi lainnya.

References

Biassari, I., Putri, K. E., and Kholifah, S. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5(4): 2322–2329.

Felianti, E. S., Sae, H. L., and Indarini, E. 2022. Penggunaan Media Pembelajaran Visual Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Meta-analisis. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 1(3): 158–164. DOI: 10.56916/ejip.v1i3.136

Harsiwi, U. B., and Arini, L. D. D. 2020. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 4(4): 1104–1113. DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.505

Hartati, F. R., Roshayanti, F., Nuroso, H., and Yulaikah, Y. 2023. Media Video Pembelajaran Tema Hidup Bersih dan Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(2): 900–905. DOI: 10.31949/educatio.v9i2.4812

Huda, N., and Khotimah, N. 2023. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 5(02): 27–32.

Munawar, A., Negeri Lawanggintung, S., and Bogor, K. 2020. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Kolase Dengan Media Video. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) 03(September): 109–114.

Noviati, W., and Belajar, H. 2022. Jurnal Kependidikan Jurnal Kependidikan. Jurnal Kependidikan 7(2): 19–27.

Nurlaelasari. 2024. Analisis pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) 7(1): 67–75. DOI: 10.22460/collase.v7i1.18567

Prastiyo, S., Ulfah, M., Mulyaningrum, R., and Rianto, S. 2023. Problem Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia. Karangtempel, Kec. Semarang Timur 06(01): 5982–5992.

Rahmananda, T., Haryadi, R., and Darma, Y. 2024. Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Inovasi Video Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning. Mathema Journal E-Issn 6(1): 90–102.

Rahmawati, R., Khaeruddin, and Amal, A. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia 1(1): 29–38. DOI: 10.51574/judikdas.v1i1.163

Sari, H. R., and Yatri, I. 2023. Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 2(3): 159–166. DOI: 10.56916/ejip.v2i3.381

Setiana, F., Rahayu, T. S., and , W. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Karya Pendidikan Matematika 6(1): 8. DOI: 10.26714/jkpm.6.1.2019.8-14

Tohari, H., Mustaji, Nf., and Bachri, B. S. 2019. Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 7(1): 1–13. DOI: 10.31800/jtp.kw.v7n1.p1--13

Wahyuni, S. 2022. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 3(2): 151–165.

Downloads

Published

2024-09-18

How to Cite

Septi, P. R. N. ., Agustina, L. ., Sholihah, B. ., & Setyaningrum, S. P. . (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO DAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13611–13616. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34759