PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD INPRES MADAWAT.
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41235Keywords:
Model Role Playing, Hasil Belajar, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Inpres Madawat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Instrument penelitian menggunakan berupa soal tes dan lembar observasi. Kemudian data dianalisis menggunakan uji Normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji T-test dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran role playing dapat berpengaruh positif terhadap hasil berlajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t, aktivitas siswa dan aktifitas guru. Aktivitas siswa dan guru dikatakan mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran IPAS, hal ini dilihat dari hasil observasi terhadap guru model dan penilaian psikomotorik siswa. Pada uji hipotesis ( uji-t) diperoleh hasil yaitu nilai signifikan sebesar =0.009 < 0.05, dapat disimpulkan bahwa Ho tolak dan Ha diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan , terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dikelas V SD Inpres Madawat . Hal ini di lihat juga dari hasil pretest dan posttes.References
Astriani, V., Usman, N., & Puspita, L. (2018). Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 05 Indralaya Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 5(2).
Bera, L. (2022). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model role playing pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Waioti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10476-10483.
Bunga, M. H. D., Zaenuri, Z., & Isnaeni, W.(2018).Ethnomathemtical exploration of Palue cultural tribe and Its integration toward learning process at elementary school in Nusa Tenggara Timur. Journal of Primary Education, 7(1), 64-73.
Hasibuan, L. W. V., Sinaga, C. V., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 217-223.
Helvina, M., Noeng, A. Y., & Timba, F. N. S. (2021). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap kemampuan membaca permulaan siswa selama pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 3(2), 379-386.
Lewar, Y. E. R. L., El Puang, D. M. E. P., & Lawotan, Y. E. L. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1730-1740.
Sareng, M. D., El Puang, D. M., & Bunga, M. H. D. (2023). Pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan membaca siswa kelas III sekolah dasar. Journal on Teacher Education, 4(3), 303309.
Sari, F. F. K. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Tematik melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing. Satya Widya, 34(1), 62-76.
Sute, A., Hero, H., & Helvina, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(3), 294-302.
Taringan, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Primary: Jurnal Guru Pendidikan Dasar, 5(November), 102–112.
Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253-261.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yosefa Triani Wea, Maria Herliyani Dua Bunga, Maria Helvina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.