MANAJEMEN DAYAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ULUMUL ISLAM PANTON LABU KABUPATEN ACEH UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34197Keywords:
Manajemen Dayah, Pendidikan Karakter.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana manajemen dayah dapat memperkuat pendidikan karakter di Dayah Ulumul Islam Pantonlabu, Kabupaten Aceh Utara. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait kebijakan pendidikan karakter di dayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian dalam program penguatan pendidikan karakter telah dilakukan dengan cermat dan sistematis. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pimpinan dayah, guru, santri, serta orang tua dan masyarakat, sangat penting dalam keberhasilan program ini, meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan keragaman latar belakang santri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen dayah memiliki peran yang signifikan dalam penguatan pendidikan karakter, yang terbukti melalui peningkatan nilai-nilai karakter di kalangan santri. Penelitian ini merekomendasikan agar dayah terus mengembangkan strategi yang lebih adaptif dan inovatif untuk menjaga relevansi dan efektivitas pendidikan karakter di masa depan.References
Ariga, S., & Nurhakim, M. (2022). Peran Dayah Muhammadiyah dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Aceh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16499–16507. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5057%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/5057/4276
Lestari, A. K., Arifin, I., & Sunarni, S. (2021). Manajemen Budaya Sekolah dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Berbasis Islam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(12), 1846. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i12.15158
Muslem, M., & Hayatina, M. (2021). Peran Dayah Dalam Membentuk Karakter Anak Dalam Masyarakat Aceh. Aqlam: Jorunal of Islam and Plurality, 6(2), 154–169.
Mustofa, A. (2020). Tela’Ah Konsep Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(2), 233–254. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v2i2.203
Nasir, M., Muhibuddin, M., & Al-Khalidi, M. W. (2022). Tengku Inong dari Dayah Salafiah Aceh: Kearifan Lokal dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 382–397. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11255
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 TAHUN 2018, Tentang: Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.
Sa’adah, K. R. N. (2018). Model Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren di MI Pas Baitul Qur’an Gontor.
Santoso, G., Rahmawati, P., Murod, M., Susilahati, S., Setiyaningsih, D., & Masduki, A. (2023). Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Karakter Sopan Santun Siswa. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 91–99. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/131/36
Soraya, S. Z. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 75–81. https://doi.org/10.51200/uji.v12i.3291
Sugiarto, S., & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Tim PPK Kemendikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI, 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Yusuf M Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.