MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SD NEGERI 3 NISAM KABUPATEN ACEH UTARA

Authors

  • Maryana Maryana Universitas Almuslim
  • Hera Yanti Universitas Almuslim
  • Najmuddin Najmuddin Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34052

Keywords:

Manajemen, Manajemen Sarana dan Prasarana, Ekstrakurikuler, Kreativitas Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana ekstrakurikuler dalam meningkatkan kreativitas siswa di SD Negeri 3 Nisam Kabupaten Aceh Utara dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat penelitian lapangan. Informan berjumlah lima orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sarana dan prasarana ekstrakurikuler dalam meningkatkan kreativitas siswa sudah terencana dengan baik, tahapan perencanaan dimulai rapat perencanaan, penetapan kebutuhan sarana dan prasarana, perencanaan laporan kebutuhan dan perencanaan keuangan dengan membentuk tim perencanaan. Pelaksanaan sarana dan prasarana ekstrakurikuler dalam meningkatkan kreativitas siswa belum sepenuhnya baik. Pelaksanaan dilakukan dengan cara mengadakan sarana dan prasarana ekstrakurikuler tetapi masih kurang dalam kegiatan olahraga, pengadaan keuangan sarana dan prasarana ekstrakurikuler masih terbatas, pemanfaatan sarana dan prasarana dilakukan dengan baik dengan alakadarnya saja, serta pemeliharaan sarana dan prasarana yang masih kurang. Pengadaan sarana dan prasarana juga dilakukan meliputi menyewa, membeli barang, dan hibah/bantuan dari pemerintah. Evaluasi sarana dan prasarana ekstrakurikuler sudah dilakukan dengan baik. Evaluasi tersebut direalisasikan dengan menganalisis faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana dan prasarana seperti kendala pemeliharaan barang yang teledor, rusak, hilang maka solusinya disampaikan kemanfaatan dan penggunaan dari barang-barang sarana prasarana tersebut secara kontinyu. Mengadakan pembinaan dan berdiskusi terkait masalah yang perlu diselesaikan adalah solusi dari  kebersamaan dan kekompakkan yang tidak berjalan.

References

Balqis Syifa Fauziyyah & Silfia, 2020, Pertumbuhan Kreativitas Siswa Melalui Program Ekstrakulikuler di Sekolah Dasar, Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1. 35-40.

Khairuddin, 2014. “Pengelolaan Saran dan Prasarana Sekolah dalam Peningkatan Akreditasi Madrasah Aliyah”, Jurnal Serambi Ilmu, Vol. 17, No. 2. 13.

Lexy J. Moleong, 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Muhammad Zaironi, 2021, Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa di MAN 1 Malang dan MA Al-Khoirot Malang (Studi Multi Situs di MAN 1 Malang dan MA Al-Khoirot Malang), TESIS, Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Musfah Jejen, 2014, Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta, Kencana.

Rika Megasari, 2014, “Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 5 Bukittinggi,” Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 2, No. 6.

Siti Ubaidah, 2014, Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah, Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam. Vol. 5. 150-161.

Stella Fronika, dkk., 2022, Meningkatkan Kreatifitas Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler di sekolah, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4, No. 3. 728-732.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Cet. VI, Bandung, Alfabeta.

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Maryana, M., Yanti, H. ., & Najmuddin, N. (2024). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SD NEGERI 3 NISAM KABUPATEN ACEH UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12470–12479. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34052