MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN: PERAN VITAL PROFESI GURU DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28203Keywords:
Guru, Pendidikan, Profesi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan siswa di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan seorang guru profesional dapat terlihat dari kualitas proses pembelajaran, penguasaan terhadap kompetensi guru, dan kemampuan guru dalam mengelola aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap adanya berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru.References
Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator dan Komunikator dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 5(2),124-132.
Azwarini, F. M. (2022). Pentingnya Guru Profesional Bagi Kemajuan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2),274-285.
Hamalik, O. (2018). Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285.
Hidayati, A. N. (2022). Pentingnya Kompetensi dan Profesionalisme Guru dalam Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1), 1-9.
Iskandar, K. (2017). Profesionalisme Guru dalam Pendidikan Islam dan Gambaran Ideal Seorang Pendidik. JALI: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 1(1), 21–40.
Ismail, I., & Rosidi, M. I. (2023). Pemanfaatan Kebudayaan Powele dalam Pembelajaran IPS. Journal on Education, 05(04), 16630–16636. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2808.
Mardalis. (2010). Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2020). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Junal Pendidikan Islam, 5(02), 215-228.
Munib, A. (2019). Pengantar Ilmu Pendidikan Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tabiyah dan Keguruan, 19(1),112-128.
Rosidi, M. I. & Fitroh, I. (2021). Virtual Field Trips: Alternatif Pembelajaran IPS pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(1), 31–38. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse
Tunggal, H. S. (2017). Konsep Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen: Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 1-8.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Professional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jounal of Education Research, 1(3), 258-264.
Susanto, H. (2020). Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 19(1), 112-128.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ismail Ismail, Iskandar Iskandar, Moh. Imron Rosidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.