MANAJEMEN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN (MPLS) TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SD NEGERI 1 NISAM ANTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41993Keywords:
Manajemen, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Penyesuaian Diri SiswaAbstract
Penerapan manajemen kesiswaan di SD Negeri 1 Nisam Antara penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini mengkaji perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan pengawasan manajemen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan dokumentasi, penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru, dan wali siswa kelas awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan di SD Negeri 1 Nisam Antara mencakup empat aspek utama: pertama, perencanaan MPLS disusun oleh kepala sekolah dan guru serta terdokumentasi dengan baik. Kedua, pengorganisasian dilakukan dengan membentuk panitia MPLS. Ketiga, pelaksanaan mencakup kegiatan kompleks terkait MPLS, dengan fokus pada persiapan menyambut tahun ajaran baru, sinergi antara sekolah, guru, dan orang tua, serta tanggung jawab penuh dari setiap guru. Keempat, evaluasi dan pengawasan dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan MPLS dilaksanakan sesuai rencana dan dioptimalkan dengan dukungan orang tua. Kerja sama yang baik antara warga sekolah, termasuk dukungan orang tua, mempengaruhi keberhasilan implementasi MPLS dan membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah.References
Aminudin, A., Suriansyah, S., & Asniwati, J. (2022). The Effect of Organizational Culture, Spiritual Quotient on Job Satisfaction and Performance of State High School Teachers in Jekan Raya District, Palangka Raya. International Journal of Social Science and Human Research, 5(9), 4338–4346. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i9-47
Anas, Z., Haryansyah, S. E., Santoso, F., & Sutinah, S. (2022). Pengaruh implementasi fungsi-fungsi manajemen terhadap kinerja pegawai di SMK Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Kabupaten Sampang. Journal of Management and Digital Business, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.53088/jmdb.v2i1.324
Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Ma’alim: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 28–45. https://doi.org/10.54471/moderasi.v1i1.4
Christa, U. R., & Kristinae, V. (2021). The effect of product innovation on business performance during covid 19 pandemic. Uncertain Supply Chain Management, 9(1), 151–158. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2020.10.006
Gaol, P. L. (2021). Implementation of Performance Management in Artificial Intelligence System to Improve Indonesian Human Resources Competencies. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 717(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/717/1/012010
Kuswiyanti, T. S., Adiyan, F., Hidantikarnillah, V., & Nurjannah, A. F. (2023). Pendampingan Program Sekolah Penggerak Untuk Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui VBSO. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 526–533.
Nurhasanah, N., Azhari, A., Berutu, K., Putra, T. J., Hasibuan, R. H., & Nasution, I. (2023). Evaluasi Pembelajaran Dikelas. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 257–270.
Salehha, O. P., Marsithah, I., & Rizki, S. (2024). Pengaruh Budaya Sekolah , Kepuasan Kerja , dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Penggerak Jenjang SMP Kabupaten Bireuen. Journal on Education, 07(01), 1021–1030.
Sarmini, Diana Titik Widayanti, Nona Jane Onoyi, Mohamad Aras, One Yantri, & Muhammad Saidy. (2023). Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( Mpls) Di Sekolah Islam Nabilah, Batam , Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 2(1), 52–62. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i1.411
Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., Laksana, A. M., & Maliadani, L. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779–5794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320
Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.
Putra. W.T 2020. Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru di Madrasah Aliah Negeri 1 Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Safrida Safrida, Iskandar Iskandar, Riandi Marisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.