PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPAS TENTANG INDONESIAKU KAYA BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SD DJAMA’ATUL ICHWAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34006Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Media Pop Up Book, Indonesiaku Kaya BudayaAbstract
Berdasarkan hasil pengamatan ada beberapa faktor yang berkaitan dengan rendahnya hasil belajar siswa. Guru kurang memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga masih rendahnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang tepat digunakan adalah problem based learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan pada materi Indonesiaku Kaya Budaya perlu adanya stategi pembelajaran yang inovasi dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Indonesiaku Kaya Budaya melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan selama 2 siklus. Adapun subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Setiap siklus PTK dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil belajar pada saat pretest jumlah siswa yang tuntas sebanyak hasil pretes jumlah siswa yang tuntas sebanyak12 siswa atau 42,85%, sedangkan sebanyak 16 atau 57,14% siswa yang tidak tuntas. Pada tindakan siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 78,57% dan yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa atau 21,42%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 24 siswa atau 85,71%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa atau 14,28%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan PTK telah tercapai. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Indonesiaku Kaya Budaya.References
Ab Marisyah, Firman, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. 3, 2–3.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara. 2008. Metode Diskusi.
Mendikbudristek. 2022. Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta.
Widayanti, Retna, Khumaeroh Dwi Nur’aini. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema Jurnal, 2(1), 12-13
Rahmat, Ewo. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144-159.
Kristiana, T.F., & Radia, E. H. (2021) Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818-826.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riska Mardiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.