DINAMIKA BUDAYA POPULER DAN PERAN BUDAYA MASSA DALAM ERA KONTEMPORER

Authors

  • Rizkita Putri Balqis IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42621

Keywords:

Budaya Popular, Budaya Massa, Kontemporer

Abstract

Dalam era digitalisasi dan globalisasi, budaya populer berkembang pesat melalui media massa dan platform digital. Fenomena ini dipengaruhi oleh interaksi antara hadirnya budaya lokal dan juga global, yang dimana telah menghasilkan hibridisasi dari budaya dan transformasi nilai-nilai tradisional. Budaya massa memainkan peran yang sangat penting dalam penyebaran budaya populer, menghubungkan masyarakat melalui konsumsi bersama atas produk-produk budaya seperti film, musik, fashion, dan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana penelitian ini bertujuan agar dapat mendeskripsikan hasil penelitian berupa tulisan, jurnal ini juga mengkaji secara komprehensif dari review jurnal yang membahas bagaimana dinamika dari budaya popular hingga peran budaya massa dalam era kontemporer. Metode yang digunakan melalui observasi dan etnogravi virtual untuk memahami fenomena budaya popular dengan menganalisis literature lmiah dari buku, jurnal, serta artikel yang membahas dinamika budaya popular dan budaya massa pada era kontemporer. Penelitian ini menunjukkan bahwa budaya populer berkembang pesat dan menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat kontemporer. Budaya populer, yang meliputi musik, film, fashion, dan media sosial, terus bergerak cepat seiring perubahan zaman dan didorong oleh teknologi, media massa, serta digitalisasi. Fenomena ini menciptakan dinamika baru dalam kehidupan masyarakat, di mana munculnya budaya-budaya populer membuat banyak orang menjadi terbiasa dan bahkan bergantung pada budaya tersebut, baik dalam konsumsi harian maupun dalam aspek ekonomi

References

Abdul Halik, “Peran Media Massa Dalam Komunikasi Antar Budaya” Jurnal Al-Khitbah, Vol. II, No. I, (2015), H,83-92.

Arvian Messianik Putra As Shamad, “Komodifikasi Budaya Populer di Generasi Z (Studi Kasus Anak Muda Sidoarjo)” Jurnal Dinamika Sosial Budaya, vol. 25, No.1, (2023), 220-223.

Bing bedjo tanudjaja,”Pengaruh Media Komunikasi Massa Terhadap Popular Culture Dalam Kajian Budaya/Cultural Studies”,Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, Vol. 9, No. 2, (2007) 96-106

Dzakkiah Nisrina, dkk, “Dampak Konsumerisme Budaya Korea (k-pop) di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang” Humaniora, Vol. 21, No,1 (2020) 78-88.

Fitri Eliyani “Dinamika Budaya dan Pengaruh Teknologi Dalam Transformasi Massyarakat Kontemporer” Enlekturer Journal Of Islamic Studies, Vol. 1, No 2. (2023) H, 153.

Gramedia Blog,”Pengertian Dinamika: Jenis-Jenis, Ciri-Ciri dan Contohnya”( https://www.gramedia.com/literasi/dinamika/, diakses pada 11 November 2024).

https://lenggahanblog.wordpress.com/ciri-ciri-budaya-popular/

Inda Fitryarini “Pembentukan Budaya Populler Dalam Kemasan Media Komunikasi Massa”, Jurnal Ilmiah Komunikasi Massa. Vol 2, No 2 (2012).

Koentjaraningrat, 1985, Metode-metode Penelitian Masyarakat, (Jakarta:Gramedia), hal.22

Kompas,”Dinamika Kebudayaan Dan Prosesnya”,

Kumparan,”Arti Dinamika Menurut Ahli dan Contohnya”( https://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/arti-dinamika-menurut-ahli-jenis-dan-contohnya-21FvDd8pf3T, diakses pada 11 November 2024).

Melly Ridaryanthi, “Bentuk Budaya Populer dan Kontruksi Prilaku Konsumen Studi Terhadap Remaja” Journal Visi Komunikasi, Vol.13, No 01 (2014) H, 87-104.

Miftahul Hijrah, Ayu Cahyanii dan Abdurahman Sakka, “Kajian Budaya Populer: Analisis Terhadap Pengaruh Media Massa”, Jurnal Sosial Logica. Vol 3, No 1. (2023)

Mohammad Soleh, Irfan Kuncoro “Menggali Budaya Baru Dan Implikasinya Bagi Keagamaan Gen-z: Prespektif Sosiologi dan Antropologi Masyarakat di Era Kontemporer” Al-Irsyad Journal Studies Islam, Vol. 2, No. 2, (2023).

Moleong, Lexy J, 2004 ,Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya), hal, 121

Muhammad Ammar Nur Handyka, “Globalisasi Dalam Dinamika Kontemporer (Studi Kasus Perubahan Sosial dan Transformasi budaya), JECTH: Journal Economy Technology Social and Humanities, Vol. I, No.1, (2023). H, 5.

Rachmat Kriantono, 2006, Tehnik Praktis Riset Komunikasi, (Jakarta: Kencana Perdana Media Group), hal.64

RikaRistinawati “Budaya Populer Di Era Kontemporer” Academia, (2009) H, 13

Sugihartati Rahma, “Perkembangan Masyarakat Informasi & Teori Sosial Kontemporer”, (Jakarta, Kencana Panada Media Group,2014).

Yat Rospia Brata, Yeni Wijayanti,”Dinamika Budaya Dan Sosial Dalam Peradaban Masyarakat Sunda Dilihat Dari Prespektif Sejarah”, Jurnal Artefak. Vol 7, No 1 (april 2020)1-12.

Downloads

Published

2025-02-11

How to Cite

Balqis , R. P. (2025). DINAMIKA BUDAYA POPULER DAN PERAN BUDAYA MASSA DALAM ERA KONTEMPORER. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2422–2428. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42621

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.