PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL PADA SISWA KELAS IV SD DJAMA’ATUL ICHWAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34007Keywords:
Problem Based Learning, Media Wordwall, Pembelajaran MatematikaAbstract
Tujuan Penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matematika materi luas dan volume bangun menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall pada siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat peserta didik yang mendapatkan hasil belajar dibawah KKM yiatu 75. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam memahami materi luas dan volume yang diajarkan sehingga siswa merasa bingung dan tidak tertarik pada pembelajaran yang berakibat menurunnya hasil belajar. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes dan non tes. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi persentase siswa tuntas pada pra-siklus = 22 %, siklus I = 64 %, siklus II = 93 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall pada siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas dan volume.Downloads
Published
2024-09-04
How to Cite
Prihapsari, V. Y. ., Supriyono, S., & Syafi’i, A. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL PADA SISWA KELAS IV SD DJAMA’ATUL ICHWAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12179–12186. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34007
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Vera Yunita Prihapsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.