PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL PADA SISWA KELAS IV SD DJAMA’ATUL ICHWAN

Authors

  • Vera Yunita Prihapsari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Supriyono Supriyono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ahmad Syafi’i SD Djama’atul Ichwan Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34007

Keywords:

Problem Based Learning, Media Wordwall, Pembelajaran Matematika

Abstract

Tujuan Penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matematika materi luas dan volume bangun menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall pada siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat peserta didik yang mendapatkan hasil belajar dibawah KKM yiatu 75. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam memahami materi luas dan volume yang diajarkan sehingga siswa merasa bingung dan tidak tertarik pada pembelajaran yang berakibat menurunnya hasil belajar. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes dan non tes. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi persentase siswa tuntas pada pra-siklus = 22 %, siklus I = 64 %, siklus II = 93 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall pada siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas dan volume.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Prihapsari, V. Y. ., Supriyono, S., & Syafi’i, A. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL PADA SISWA KELAS IV SD DJAMA’ATUL ICHWAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12179–12186. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34007