PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA DADU BERGAMBAR MATERI PIKTOGRAM SISWA KELAS IV SD DJAMA’ATUL ICHWAN

Authors

  • Siti Sumiati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Supriyono Supriyono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Meilani Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34004

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Matematika.

Abstract

Tujuan Penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui model Project Based Learning (PJBL) berbantuan media dadu bergambar materi penyajian data piktogram siswa kelas 4 SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat masalah yang dialami oleh peserta didik yaitu rendahnya hasil belajar dengan KKM 75. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes dan non tes. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peningkatan persentase hasil belajar kognitif peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I meningkat dari 8 menjadi 18 peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 81,3. Pada siklus II peserta didik yang mencapai KKM mencapai 25 peserta didik dengan rata-rata 88,5. Berdasarkan hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar matematika materi penyajian data siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan

References

Aeni, W. N., Darusman, Y., & Mahendra, H. H. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Benda Konkret Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Vol. 2, Issue 2). https://jurnal.uns.ac.id/shes

Anditasari, P. (2014). Penggunaan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Hiburan Siswa Kelas 2 SD Nurul Islam Mojokerto.

Cholifah, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Mengenal Arti Pecahan dan Urutannya melalui Model Tutor Sebaya Berbantuan Media Benda Konkret bagi Siswa SD Kelas III Ida Cholifah 1 Article Info (Vol. 1, Issue 2).

Faradilla,A., Zainil,M.,& Sumiati,C. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Penyajian Data Menggunakan Model Project Based Learning(PJBL) di Kelas IV SDNegeri 20 Indarung Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2) 3255-3267. Dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/ view/1380/1215.

Halimah, N., & Sumardjono. (2017). Perbedaan Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V sd. SCHOLARIA, 270.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jusita, M.L. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. 4(2).

Khasanah, R. A., & Sarwi, M. (2015). Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika dan Performence siswa. Unnes Physisc Education Journal, 88.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving schools, 19(3), 267-277.

Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD. Kalam Cendekia. https://core.ac.uk/download/pdf/3047 19064.pdf

Mulyani, Sri. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Nurfitriyanti, M. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2). Dari https://media.neliti.com/media/publicatio ns/234872-model-pembelajaran-projectbased-learnin-e19d71b3.pdf.

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199-1209.

Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Salsabila, Z. P., Aliya, N., Susanti, F. M., Putri, N. R., Indriyanti, P., Al Wafa, A. S. A., & Chasanah, U. (2022). Penerapan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Integratif Peserta Didik Kelas 2 Minu Ngingas. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 38–50. https://doi.org/10.24252/auladun a.v9i1a4.2022

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saputra, D. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Benda Konkret di Kelas III SD.

Suciani, Tititri, Elly Lasmanawati, and Yulia Rahmawati. 2018. “Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner. Vol. 7, No. 1, April 2018 9.”Jurnal Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. 7 (1): 9-17

Sudrajat, A. d. (2020). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementrian Agama RI.

Tracy.2012.Teaching Mathematics in a Project-Based Learning Context: Initial Teacher Knowledge and Perceived Needs.Mathematics Education Research Group of Australasia,diakses tanggal 10 Januari 2019

Yupita, Ina Azariya, & Tjipto, Waspodo. (2013). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JGPGSD, 5.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Sumiati, S. ., Supriyono, S., & Wulandari, M. . (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA DADU BERGAMBAR MATERI PIKTOGRAM SISWA KELAS IV SD DJAMA’ATUL ICHWAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12163–12169. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34004